Pemkab Sigi akan Bentuk Tim Inventarisir Data

PEMBANGUNAN HUNTAP

0 102

Dapatkan Info berita terupdate Langsung ke perangkat anda, Berlangganan.

SIGI, MERCUSUAR – Untuk pembangunan hunian tetap (Huntap) di Sigi,  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi akan membentuk tim inventarisir data. tim tersebut akan melakukan pendataan lahan di setiap desa, jika ada lahan yangbisa dibangunkan huntap.

Demikian dikatakan Bupati Sigi, Moh Irwan Lapatta pada Media ini usai memberikan arahan kepada pengungsi Desa Jono Oge, Pombewe dan Desa Lolu, Kecamatan Sigi Biromaru di Desa Pombewe, Kecamatan Sigi Biromaru, Kamis (3/1/2019)

Terkait pembangunan huntap di lokasi bekas HGU Hasfarm di Desa Pombowe, lanjutnya, Pemkab Sigi akan segera menginformasikan pelepasan kawasan tersebut dengan Pemerintah Provinsi Sulteng, karena saat ini masih menunggu hasil selanjutnya.

Pembangunan huntap, kata Bupati, dilakukan sesuai prosedur, diantaranya menyiapkan lokasi huntap.

Dijelaskannya, pembangunan huntap prosesnya panjang, yaitu melalui Pemerintah Pusat Kementerian PUPR, selanjutnya ke Pemerintah Daerah, Pemerintah Kecamatan dan pemerintah desa.  Olehnya itu perlu melengkapi data warga pengungsi.

“Sebagai pelengkap data warga pengungsi kepala desa dapat berkoordinasi dengan pemerintah kecamatan. Apabila ada masyarakat yang kehilangan Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau yang belum memiliki KTP agar segera melaporkan ke Dinas Dukcapil,” jelas Bupati.

Untuk huntap di lokasi transmigrasi Bolopountu, sambungnya, ada sekitar 100 rumah. Rumah tersebut akan diberikan kepada pengungsi yang memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan oleh pemerintah, diantaranya korban bencana dan tidak memiliki pekerjaan tetap.

Pada kesempatan itu, Bupati menyikapi keluhan warga soal distribusi air bersih serta bantuan logistik dan perlengkapan untuk anak sekolah.

Ia berjanji akan menyuplai air bagi warga dengan mobil tangki. Sementara soal logistik dan kebutuhan anak sekolah, agar kepala desa berkoordinasi dengan BPBD dan Dinas Sosial Sigi.

“Masyarakat agar tetap bersabar karena pemerintah daerah terus bergerak untuk pemulihan pascagempa, baik pembangunan hunian tetap dan pemulihan ekonomi dan pembangunan infrastruktur di Kabupaten Sigi,” imbau Bupati. AJI

Dapatkan Info berita terupdate Langsung ke perangkat anda, Berlangganan.

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublish