Pemkab Sigi Lepas Bibit Ikan di Lindu

0 29

Dapatkan Info berita terupdate Langsung ke perangkat anda, Berlangganan.

SIGI, MERCUSUAR – Pelepasan bibit ikan di Danau Lindu program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi melalui dinas terkait, agar stok ikan di danau tersebut tetap berkesinambungan.

Demikian dikatakan Bupati Sigi Moh Irwan Lapatta saat melepas bibit ikan di Danau Lindu, Selasa (7/8/2018).

Bupati berharap dengan dilepasnya bibit ikan maka stok ikan di Lindu selalu ada hingga kesejahteraan masyarakat Lindu khususnya masyarakat nelayan bisa terwujud.

Pada kesempatan itu, Bupati menyatakan dukungan terhadap kebijakan desa terkait penangkapan ikan, yakni enam bulan menangkap ikan dan enam bulan distop di Danau Lindu.

“Tidak mungkin ikan mau diambil terus, sementara tidak ada kesinambungan. Pelepasan bibit ikan sekira 400 ribu ekor, akan terus didorong lagi. Dalam hal ini masyarakat Lindu harus komitmen dengan keputusan pemerintah desa yang ada di Kecamatan Lindu,” tandas Bupati.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Sigi Rahmad Iqbal Nurchalish mengatakan tahun ini ada restoking untuk penambahan bibit ikan kurang lebih sekira 550 ekor ikan, yaitu ikan Mujair dan ikan Mas.

Ke 550 bibit ikan tersebut, 400 ribu ekor untuk ditebar di Danau Lindu dan 150 ribu ekor untuk bantuan kelompok budidaya ikan. Hal itu dilakukan untuk meningkatkan stok ikan yang ada agar bisa berkelanjutan. Apalagi sekarang sudah ada kawasan-kawasan yang dilarang untuk area penangkapan karena telah menjadi tempat pemijahan ikan.

Tahun 2018, harus ada pemancangan tapal-tapal batas terkait dengan kawasan-kawasan yang dilindungi. “Pelepasan bibit ikan dilakukan bertahap supaya bibit ikan lebih terjaga, sehingga kesinambungan bisa dipertahankan,” katanya. AJI

Dapatkan Info berita terupdate Langsung ke perangkat anda, Berlangganan.

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublish