Pemkab Sigi Raih Opini WTP

0 86

Dapatkan Info berita terupdate Langsung ke perangkat anda, Berlangganan.

SIGI, MERCUSUAR – Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sulteng atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi sudah baik, hingga meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), Selasa (28/5/2019).

Kepala BPK RI Perwakilan Sulteng, Muhaimin mengatakan, dengan memperoleh perdikat WTP, maka Sigi memperoleh predikat WTP  untuk kedua kali secara berturut-turut, yakni tahun 2017 dan 2018.

Opini yang diberikan BPK, lanjutnya, merupakan pernyataan profesional pemeriksa mengenai ‘kewajaran’ laporan keuangan dan bukan ‘jaminan’ tidak adanya permasalahan atau kelemahan.

“Hasil pemeriksaan atas LKPD tahun 2018, BPK masih menemukan adanya permasalahan maupun kelemahan antara lain, pengelolaan aset tetap belum memadai, kelemahan pengelolaan kas dan kelemahan pengelolaan dana BOS,” jelasnya.

Adapun kepatuhan terhadap ketentuan peraturan perundang-undangan, yaitu pekerjaan tidak sesuai spesifikasi kontrak/kurang volume, perjalanan tidak sesuai ketentuan dan pemahalan harga pekerjaan.

Dalam pemeriksaan tersebut, lanjutnya, terdapat temuan ketidakpatuhan yang mengakibatkan adanya kelebihan pembayaran, namun sampai pemeriksaan berakhir sebagian telah disetor kembali ke kas daerah.    

Bupati Sigi, Moh Irwan Lapatta mengapresiasi BPK Perwakilan Sulteng atas predikat opini WTP yang diberikan pada Pemkab Sigi.

Selain itu, Bupati juga mengapresiasi Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Sigi atas motivasinya pada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam melaksanakan tugas dan menyusun LKPD serta dukungan DPRD Kabupaten (Dekab) Sigi, hingga meraih predikat opini WTP untuk kedua kalinya.

Pada kesempatan itu, Bupati berjanji akan menindaklanjuti apa yang telah menjadi arahan Kepala BPK. Sebab diakuinya bahwa  yang menjadi hambatan setiap tahunya adalah soal aset, serta pengelolaan kas dan Dana BOS. Namun dengan motivasi dan saran BPK, maka kedepan akan diperbaiki.

“Alhamdulillah target kami untuk mempertahankan Opini Wajar Tanpa Pengecualian tahun 2018 tercapai. Hal tersebut merupakan adanya dukungan dari OPD atas motivasi Sekkab. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Sigi atas doanya, sehingga Pemkab Sigi memperoleh predikat WTP yang kedua kalinya secara berturut-turut,” ujar Bupati.

Ketua Dekab Sigi, Moh Rizal Intjenae mengatakan sebagai lembaga pengawasan maka dengan perolehan WTP yang kedua Dekab merasa bangga atas prestasi yang diraih Pemkab Sigi.

“Kinerja OPD selama kurang lebih dua bulan membuahkan hasil yang mengembirakan, sehingga kami ucapkan selamat atas kepemimpinan Bupati Sigi, Moh Irwan Lapatta dan Wakil Bupati Sigi, Paulina yang telah meraih opini WTP yang kedua kalinya berturut-turut. Oleh karena itu, pertahankan prestasi yang telah diperoleh,” tutupnya. AJI

Dapatkan Info berita terupdate Langsung ke perangkat anda, Berlangganan.

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublish