Pemkab Tingkatkan Kesiapsiagaan Hadapi Bencana

HUT 67 Kabupaten Donggala

0 119

Dapatkan Info berita terupdate Langsung ke perangkat anda, Berlangganan.

DONGGALA, MERCUSUAR – Perayaan HUT ke-67 Kabupaten Donggala 12 Agustus 2019 berlangsung di halaman Kantor Bupati Donggala, dihadiri sejumlah pejabat Pemkab Donggala maupun dari Pemprov Sulteng dan kepala daerah yang ada di Sulteng.   

 

Upacara yang diawali atraksi drum band Pemkab Donggala asuhan Ketua TP. PKK Donggala, Hj. Indotang dan pembacaan sejarah berdirinya Kabupaten Donggala itu, dihadiri Sekdaprov Sulteng, Moh. Hidayat Lamakarate dan Bupati Sigi, Moh. Irwan Lapatta.

 

Bupati Donggala, Kasman Lassa yang bertindak sebagai inspektur upacara menyampaikan, pada hakekatnya perayaan HUT merupakan napak tilas lahirnya perjuangan untuk mewujudkan masyarakat Donggala bahagia yang paripurna.

 

HUT Donggala kali ini bertema, Meningkatkan Investasi Pasca Bencana Berbabis Kearifan Lokal untuk Mewujudkan Masyarakat yang Sejahtera Berdaya Saing, Mandiri dan Berkarakter Menuju Indonesia Maju dalam Ikatan Semangat Isemapa Maipiapa.

 

Bupati menyampaikan beberapa hal terkait dengan penyelenggaraan pemerintahan yang bertujuan mewujudkan visi Pemkab Donggala 2019-2024,  Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Donggala yang Sejahtera, Berdaya Saing, Mandiri, Berkarakter Berpijak pada Nilai-Nilai Kearifan Lokal.

 

Sesuai tema HUT tersebut dan kebijakan pembangunan, maka fokus diarahkan pada peningkatan kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana atau mitigasi bencana dan peningkatan kesejahteraan masyarakat Donggala.

 

Momentum HUT Kabupaten Donggala juga menurutnya untuk menumbuhkan semangat Donggala nakua, kana mebangu, saoungu patuju, mombangu ngapa, isemapa maipiapa yang artinya Donggala kuat, harus bangkit, satu keinginan, membangun daerah, siapa lagi kalau bukan kita kapan lagi kalau bukan sekarang.

 

Bupati juga menyampaikan sejumlah  prestasi yang telah dicapai Kabupaten Donggala pada 2014-2019 diantaranya kebijakan 10 persen APBD yang diberikan kepada desa melalui ADD dan prestasi pengelolaan lingkungan piapa Adipura 2018.

 

Acara ditutup dengan penyerahan secara simbolis 353 SK CPNS 80 persen dan penyerahan bantuan CSR berupa kontainer senilai Rp100 juta dari Bank Sulteng kepada Pemkab Donggala. Penyerahan CSR dari pihak Bank Sulteng diwakili direktur Salma Butudoka yang menyerahkan kepada Bupati Donggala. Kegiatan lain berupa sunatan massal yang diselenggarakan oleh Bank Sulteng. Termasuk kegiatan pameran pembangunan. HID

Dapatkan Info berita terupdate Langsung ke perangkat anda, Berlangganan.

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublish