Pemkot Upacara Hari Kesiapsiagaan Bencana di Lere

0 42

Dapatkan Info berita terupdate Langsung ke perangkat anda, Berlangganan.

LERE, MERCUSUAR – Plh. Sekretaris Kota Palu Imran Lataha,SE M.Si mewakili Wali Kota Palu menjadi inspektur upacara (irup) peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional tingkat Kota Palu, Jumat, (26/4/2019) di halaman SMP Negeri 10 Palu Kelurahan Lere.

Dalam kesempatan hadir pula Kepala Pelaksana BPBD Kota Palu, Presly Tampubolon, Kadis Dikbud Kota Palu, Anshar Sutiyadi, Kepala BPBD DKI Jakarta, serta beberapa stakeholder lainnya.

Dalam sambutannya, Imran mengatakan pada dasarnya, pelaksanaan apel siaga ini sesuai dengan UUD No.24 THN 2007 tentang penyelenggara penanggulangan bencana yang lahir pada 26 April 2007 berkaitan dengan tanggal lahirnya UUD Nomor 24 tahun 2007 tersebut pula ditetapkan sebagai Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional. Tema sentral yang ditetapkan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana pada tahun 2019 “Jadikan Rumah Kita Sebagai Sekolah Untuk kesiapsiagaan Keluarga”.

Imran melanjutkan, hal ini sangatlah penting dimaknai, karena keluarga merupakan masyarakat, dimana kita berinteraksi dan bernaung selanjutnya keluarga sebagai sekolah bermakna bahwa didalamnya berlangsung proses pembelajaran tentang kehidupan.

“Sekaligus kita melaksanakan kegiatan pada sebagian besar waktu kita oleh sebab itu, dalam keluarga dan rumah yang kita huni, hendaklah menjadi tempat kita berlindung dalam keadaaan aman, nyaman dan harmonis,” jelasnya.

Lebih lanjut Imran mengatakan peristiwa bencana 28 September 2018 menjadi pelajaran penting bagi kita semua. Kota Palu mengalami bencana alam, gempa bumi, tsunami dan likuefaksi, bencana itu menelan banyak korban jiwa dan kerusakan rumah dan infstruktur lainnya.

“Namun persitiwa itu, jangan sampai membuat kita patah semangat, kita harus bangkit. Kita harus tingkatkan kapasitas daerah melalui penguatan mitigasi struktural dan non struktural antara lain melalui pengembangan bangunan, early warning system dan regulasi,” tutupnya.

Imran menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang telah membantu meringankan  beban para korban bencana di Kota Palu dan sekitarnya. ABS

Dapatkan Info berita terupdate Langsung ke perangkat anda, Berlangganan.

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublish