Pemprov Sulteng Bantu Korban Banjir Tolitoli

  • Whatsapp
FOTO WAGUB DI TOLITOLI

TOLITOLI, MERCUSUAR – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tengah (Sulteng) menyerahkan bantuan pada korban banjir di Kecamatan Lampasio, Kabupaten Tolitoli, Sabtu (24/10/2020).

Penyerahan bantuan oleh Wakil Gubernur Sulteng, Rusli Dg Palabbi yang diterima secara simbolis oleh Camat Lampasio, Mohammad Rivai saat Wagub kunjungan kerja (Kunker) ke Tolitoli dalam rangka peninjauan lokasi banjir di Desa Bambuan, Kecamatan Lampasio. 

Berita Terkait

Wagub yang turut didampingi, antara lain sejumlah Kepala OPD serta, Kepala BPJN XIV, pejabat  BWSS III dan pejabat PU Dinas Cipta Karya dan SDA itu, diterima oleh Pejabat (Pj) Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Tolitoli, Mohammad Asrul Bantilan yang didampingi, antara lain sejumlah Kepala OPD Tolitoli dan Camat Lampasio, Mohammad Rivai.  

Pilihan Redaksi :  PT POSO ENERGY, Pemprov Ingatkan Jangan Lalai Tanggung Jawab Sosial

TANGGUL JEBOL

Pada kesempatan itu, Pj Sekkab Tolitoli mengemukakan bahwa salah satu pemicu terjadinya banjir akibat jebolnya tanggul Pilado sepanjang 25 meter.

“Akibatnya, saat terjadi hujan deras terjadi luapan pada lima sungai, yakni Sungai Basidondo, Labonu, Kayu Lompa, Salugan dan Sungai Basi yang kesemuanya bermuara di Sungai Maraja,” ujarnya.katanya.

Selain itu, sebagian areal ruas jalan di Kecamatan Lampasio yang berbentuk palung mengakibatkan terjadinya genangan air saat hujan deras hingga bisa berdampak terhadap 300 kepala keluarga yang bermukim di lokasi itu.

Bahkan, kata Pj Sekkab, beberapa hari yang lalu terjadi banjir yang mengakibatkan kendaraan tidak dapat melintas, hingga sebagian warga kemudian berinisiatif membuat rakit untuk membantu para pemilik kendaraan yang terjebak untuk menyeberang.

Pilihan Redaksi :  TNI-Polri Cari Korban PETI Tertimbun di Buranga

Menyikapi penjelasan itu, Wagub memberikan sejumlah solusi sebagai alternatif, yakni normalisasi sungai, penimbunan jalan secara bertahap serta pemasangan box

Untuk mendapatkan data dan informasi yang lebih akurat dan detil , Wagub Ia meminta pada BWSS III, BPJN XIV serta Dinas Cipta Karya dan SDA melakukan pemantauan, serta pengecekan lebih detil. BOB/*

Baca Juga