Penanganan Sampah Perlu Kerja Keras

  • Whatsapp

SIGI, MERCUSUAR – Wakil Bupati (Wabup) Sigi Paulina menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kebijakan dan Strategi Nasional (Jakstranas) terkait pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenis sampah rumah tangga, Selasa (3/4/2018).

Kegiatan itu merupakan rangkaian peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2018 yang diselenggarakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK).

Berita Terkait

Menurut Wabup, dalam sambutan Menteri LHK Dr Ir Siti Nurbaya Bakar M.Sc mengatakan kegiatan itu bertujuan untuk mensosialisasikan dan mensinergikan pelaksanaan Peraturan Presiden (Perpres) RI Nomor: 97 Tahun 2017 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional (Jakstranas) Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga, ditingkat nasional, provinsi dan kabupaten/kota.

Pilihan Redaksi :  Jam Kerja di Sigi Berkurang Sejam  

“Penanganan sampah nasional perlu kerja keras dan dukungan, serta kolaborasi dari berbagai pihak, sebagaimana tertuang dalam Perpres Nomor: 97 Tahun 2017, dimana disebutkan untuk menangani sampah harus melibatkan 32 kementerian/lembaga terkait, pemerintah daerah, dunia usaha dan pengelola kawasan serta masyarakat,” jelas Wabup melalui release dari Bagian Humas Setdakab Sigi, Rabu (4/4/2018).

Perpres Jakstranas merupakan terobosan baru dalam pengelolaan sampah yang melibatkan seluruh pemangku kepentingan untuk pengelolaan sampah terintegrasi mulai dari sumber sampai ke pemrosesan akhir.

“Adapun target pengelolaan sampah yang ingin dicapai adalah 100 persen sampah terkelola dengan baik dan benar pada tahun 2025 (Indonesia Bersih Sampah),” kata Wabup.

Kegiatan itu turut hadiri Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri BUMN Rini Soemarno, serta 32 kementerian/lembaga, kepala daerah dan ketua DPRD dari seluruh Indonesia.AJI/*

Baca Juga