Pengurus PWI Poso Dilantik

  • Whatsapp
FOTO HLLLL PELANTIKAN PWI POSO

POSO, MERCUSUAR – Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Poso masa bakti 2020-2023 yang dinahkodai Rusli Suwandi secara resmi dilantik dan dikukuhkan oleh Ketua PWI Sulteng, Mahmud Matangara di Hotel Ancyra Poso, Rabu (7/4/2021).

Pelantikan dan pengukuhan yang dihadiri, antara lain Wakil Bupati (Wabup) Poso, Danyon 714/SM, Kapolres Poso, Dandim 1307 Poso, Kajari Poso, Kadis Kominfo; serta sejumlah tamu undangan lainnya itu, tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Berita Terkait

Proses pelantikan diawali dengan pembacaan SK PWI Pusat yang disampaikan oleh Wakil Ketua PWI Sulteng, Temu Sutrisno SH MH.

Dalam sambutannya, Ketua PWI Sulteng menyampaikan bahwa wartawan harus berkarya melalui tulisan untuk membangun Poso sesuai kode etik jurnalis.

Ia juga mengingatkan agar jurnalis dalam menjalankan tugas harus tetap berpedoman pada PD/PRT PWI dan terus mengasah kemampuan agar menjadi wartawan profesional.

Untuk meningkatkan kapasitas jurnalis khususnya di Kabupaten Poso, ia meminta pada pengurus yang baru dilantik segera menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW), agar setiap jurnalis bisa mengantongi sertifikasi Dewan Pers.

“Karena itu saya juga menghimbau agar hal ini bisa menjadi perhatian pemerintah daerah untuk mendukung kegiatan PWI dalam pelaksanaan UKW, agar wartawan di Poso bisa lebih profesional,” terangnya.

MEMBERI EDUKASI

Sementara itu, Wabup Poso, M Yasin Mangun mengatakan kehadiran PWI hendaknya mengambil peran dalam memberikan edukasi serta pembinaan kepada wartawan, agar lebih memahami aturan UU pers dan kode etik jurnalistik.

Selain itu, para wartawan juga dapat menyuguhkan dan menyajikan informasi yang cerdas, berisi dan mendidik dalam menyongsong industri era dimana terjadinya inovasi dan perubahan besar-besaran secara fundamental.

Menurut Wabup, eksistensi PWI Poso harus diupayakan sebagai perekat dan pemersatu insan pers. Terlebih media atau insan pers merupakan mitra pemerintah dalam membangun dan memajukan daerah melalui pemberitaan.

“Kita ketahui bersama bahwa pers merupakan kekuatan pilar keempat yang dapat membangun bangsa dan daerah, serta menyuarakan aspirasi dan kepentingan rakyat,” ujar Wabup Poso.

PROGRAM PRIORITAS

Ketua PWI Poso yang baru dilantik, Rusli Suwandi mengapresiasi keinginan PWI Sulteng untuk segera menggelar UKW bagi peningkatan kapasitas jurnalis di Poso.

Menurutnya, hal itu sudah menjadi program prioritas PWI Poso kedepan.

“Selain melakukan konsolidasi organisasi, program UKW memang menjadi salah satu program PWI Poso kedepan, disamping program lainnya,” ujarnya.

Lahirnya PWI di Poso, ia berharap agar organisasi itu mampu menjadi wadah pemersatu bagi jurnalis yang ada, serta mampu memberi konstribusi positif dalam turut serta membangun Poso jauh lebih baik. ULY

Baca Juga