PERSAKMI Sulteng Turut Himbau Masyarakat untuk Tidak Mudik

  • Whatsapp
persakmi sulteng himbau masyarakat..

PALU, MERCUSUAR – Ketua Perhimpunan Sarjana dan Profesional Kesehatan Masyarakat Indonesia (PERSAKMI) Sulawesi Tengah, Dr. Muh. Ryman Napirah, S.KM., M.Kes. turut menghimbau masyarakat untuk tidak mudik saat merayakan Hari Raya Idul Fitri kali ini.  

Dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Tadulako (Untad) ini memberikan komentarnya belum lama ini.

Berita Terkait

“Meskipun program vaksinasi covid-19 telah berjalan hingga saat ini, namun sasaran semua masyarakat belum terjangkau untuk divaksin. Dengan demikian, kemungkinan masyarakat untuk mengalami keterpaparan terhadap virus ini masih cukup besar. Apalagi ditunjang dengan ketidakpatuhan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan secara ketat,” jelasnya.

Dr. Ryman yang juga merupakan Anggota Satgas Covid-19 Untad menerangkan kita harus banyak belajar dari apa yang telah terjadi di negara tetangga kita India.

“Sebagaimana diketahui, fenomena yang belum lama terjadi di India, yakni gelombang kedua covid-19. Hal itu dikarenakan masyarakat di India dalam merayakan hari besar keagamaan serta berbagai bentuk aktivitas sosial kemasyarakatan, cenderung tidak lagi mematuhi protokol kesehatan. Sehingga tentunya kemungkinan untuk tertular virus berbahaya ini menjadi sangat besar,” tandasnya.

Ketua Pokja Bencana FKM Untad ini juga mengemukakan kebijakan larangan mudik yang dilakukan pemerintah perlu didukung sepenuhnya oleh seluruh elemen masyarakat.

“Seluruh elemen masyarakat, siapapun dan apapun profesinya diharapkan bisa mematuhi larangan mudik dengan jalur transportasi darat, laut, maupun udara. Hal ini pada prinsipnya bisa membantu mengurangi kerumunan sehingga mengurangi transmisi virus. Mobilisasi yang tidak terkontrol serta pengabaian masyarakat terhadap protokol kesehatan saat mudik tersebut akan semakin memperparah kondisi yang terjadi, terbukti saat ini bisa kita lihat terjadi lonjakan kasus pada beberapa tempat di Indonesia. Sehingga diharapkan masyarakat dapat bersabar untuk menahan diri agar tidak mudik dulu dalam kondisi saat ini. Mari kita sama-sama berdoa agar pandemi ini segera berlalu,” ujar Ryman. CLG

Ponpes Gratis Kualitas Fantastis
Pilihan Redaksi :  Mahasiswa FKM Untad  Lulus Program Kampus Mengajar Kemendikbud Ristek

Baca Juga