Personel Damkar Tingkatkan Kapasitas Rescue

0 16

Dapatkan Info berita terupdate Langsung ke perangkat anda, Berlangganan.

LOLU SELATAN, MERCUSUAR – Untuk menambah keilmuan dan wawasan personel, sebanyak 46 personel di Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Palu mengikuti pelatihan peningkatan kapasitas damkar dan rescue  yang dilaksanakan selama empat hari sejak 7 sampai 11 Oktober 2019.

Kepala Dinas Pemadam  Kebakaran dan Penyelamatan Kota Palu, Sudaryano Lamangkona mengatakan, ketika terjadi bencana kebakaran petugas selalu terlihat panik dan tidak jarang ketika berhadapan di lapangan tidak paham dengan tugas – tugas, seperti apa yang harus segera dilakukan.

“Diklat ini akan sangat berguna untuk meningkatkan kapasitas personel di lapangan, karena disamping masalah operasional, pengetahuan dan sikap harus terus ditingkatkan. Masih banyak petugas yang tidak mau membaca buku, padahal buku – buku pengetahun tentang pemadam kebakaran cukup banyak tersedia begitupun dengan peralatan yang digunakan setiap tahunnya selalu ada perubahan dan berganti sesuai perkembangan zaman, untuk itu diharap kepada petugas agar selalu menambah ilmu pengetahuan,”ujarnya.

Dia juga mengatakan bahwa musibah kebakaran dapat terjadi kapan saja, dimana saja dan terjadi secara tidak terduga, oleh karena itu dalam upaya pencegahan dan penanggulangan bahaya kebakaran tersebut dibutuhkan personel yang handal dan professional.

Ano, sapaan akrabnya menyebutkan bahwa pelatihan dan pembekalan merupakan bagian dari program peningkatan kapasitas pemadam kebakaran berbasis masyarakat dan pelatihan pemenuhan ketersediaan dan peningkatan kapasitas aparatur pemadam kebakaran.

Jumlah peserta yang mengikuti sebanyak 46 peserta termasuk juga peserta perwakilan dari Rumah Sakit Woodward dan Rumah Sakit Umum Daerah Anutapura Palu dan Kemenkumhan Perwakilan Sulteng, termasuk juga pelatihan langsung evakuasi korban dan praktik latihan lainnya.

“Pencegahan dan penanggulangan kebakaran bukan hanya tugas pemerintah, tetapi juga merupakan tanggung jawab masyarakat pada umumnya,” ujarnya.

Dituntut Bekerja Profesional

Sementara, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Palu, Moh Rifani menyampaikan bahwa petugas pemadam kebakaran dituntut dapat bekerja dengan penuh kedisplinan, ketekunan dan kesabaran, bisa bekerjasama dalam tim dengan penuh kebersamaan yang padu, sekaligus dapat membentuk jiwa yang peka.

Rifani menambahkan bahwa selain itu pula responsif terhadap kebutuhan masyarakat, mengingat fungsi petugas adalah pelayanan publik. Bahkan diharapkan kepada semua peserta pelatihan dapat mengikuti seluruh rangkaian acara ini secara tertib dari awal sampai akhir.

Adapun materi yang akan didapat oleh peserta nantinya adalah tentang Peningkatan Kapasitas Aparatur Damkar, Phisicologi Aparatur Damkar, Kerjasama Regu, Pembinaan Jajaran, Kesamaptaan, Penangan Pertama Korban Musibah Kebakaran (PPKMR), Teknik Pembinaan Regu, dan Team Building. Praktek SCBA, upaya peningkatan kesiapsiagaan personil Damkar dan Rescue, praktek penggunaan Water Rescue dan praktek Vertical Rescue di Palu Grand Mall. ABS

Dapatkan Info berita terupdate Langsung ke perangkat anda, Berlangganan.

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublish