Peserta Diklat Diharap Jadi ASN Berkelas Dunia

0 72

Dapatkan Info berita terupdate Langsung ke perangkat anda, Berlangganan.

PALU, MERCUSUAR – Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng), Longki Djanggola, diwakili Asisten Administrasi, Pemerintahan, Hukum, dan Politik, Mohammad Faizal Mang, membuka Diklat Kepemimpinan Tingkat III angkatan XXIII dan Diklat Kepemimpinan Tingkat IV angkatan LXXVI tahun 2019, di Kantor Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDM) Sulteng, Selasa (13/8/2019).

Gubernur dalam sambutan tertulis yang dibacakan Faisal Mang, berharap kepada para pejabat struktural yang mengikuti diklat PIM, untuk menjadikan diklat sebagai kesempatan untuk berlatih meningkatkan kualitas diri dan meningkatkan kinerja, melalui pengembangan wawasan guna pembentukan sikap mental, sehingga akan terbentuk sosok pemimpin birokrasi yang memiliki kemampuan tinggi, dalam menjabarkan visi dan misi instansi, di mana merupakan penjabaran dari visi – misi Pemprov Sulteng, yaitu Maju, Mandiri, dan Berdaya Saing.

Diklat kepemimpinan ini diharapkan akan menghasilkan pemimpin yang mampu melayani, bukan pemimpin yang dilayani. Olehnya, terdapat beberapa perubahan yang cukup signifikan dalam pola penyelenggaraannya, dibandingkan dengan Ddklat sebelumnya.

“Perubahan itu terletak pada pembelajaran, yang dirancang untuk meningkatkan kemampuan leadership birokrasi di sektor publik,” kata dia.

Terutama ujar Faisal Mang, untuk membekali para pemimpin sektor publik, dalam memimpin proses perubahan di instansinya, agar dengan kecerdasan emosional, kemampuan komunikasi yang efektif dan pemberdayaan tim yang dibangun selama pelaksanaan diklat.

Selain itu, metode pembelajaran on off kampus, saat ini dianggap sebagai metode yang pas, yang tidak hanya sekedar membekali peserta dengan pengetahuan melalui pembelajaran di kelas, tetapi juga memberikan kesempatan kepada peserta, untuk mengalami sendiri proses kepemimpinan, melalui pengalaman praktek memimpin proyek perubahan di instansinya.

“Penyelenggaraan Diklat PIM ini, bukan sekedar untuk memenuhi persyaratan administratif atau formalitas semata, akan tetapi saudara akan dilatih dalam beberapa hal,” jelas Faisal Mang.

 

Sementara itu, Kepala Bidang Pengembangan Kapasitas Manajerial dan Fungsional, Mohammad Riyan menyampaikan, pelaksanaan diklat untuk PIM III akan berlangsung selama 98 hari dan untuk PIM IV selama 103 hari, dengan menggunakan kurikulum sebanyak lima tahap

Adapun peserta Diklat PIM III sebanyak 40 orang, sementara Diklat PIM IV sebanyak 38 orang peserta. BOB

Dapatkan Info berita terupdate Langsung ke perangkat anda, Berlangganan.

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublish