Petani Lambara Minta Pengadaan Gilingan Padi

0 37

Dapatkan Info berita terupdate Langsung ke perangkat anda, Berlangganan.

LAMBARA, MERCUSUAR – Melalui reses atau penjaringan aspirasi yang digelar Ketua Komisi A DPRD Kota Palu, Mutmainah Korona, di Kelurahan Lembara yang didominasi masyarakat petani berharap adanya pengadaan pengilingan padi untuk petani di Kelurahan Lembara agar bisa meningkatkan hasil pertanian dan memperbaiki perekonomian para petani di kelurahan tersebut.

 

Dusun Anja Kelurahan Lambara mempunyai tanah pertanian seluas 100 hektar dan merupakan tanah pertanian terluas di Kota Palu. Ada 30 Rumah yg bermukim dalam area pertanian dengan berbagai persoalan yang mereka alami, salah satunya adalah penerangan dan akses jalan. Selain itu, sebagian besar mereka adalah petani yg setiap panen beras selalu bermasalah dalam menggiling padi menjadi beras. 

 

Mutmainah menjelaskan dalam proses diskusi secara partisipatif dengan kelompok tani dan peternak, hampir banyak berharap untuk mencari solusi dalam hal akses kelola pertanian dengan mengutamakan pengadaan Gilingan Padi dan traktor utk para petani. 

 

“Jikalau gilingan padi ada d kawasan Anja, maka para petani sangat terbantukan sekali. Ini sangat mempercepat peningkatan hasil pertanian mereka dan limbah padi (sekam) bisa menjadi peluang ekonomi alternatif bagi perempuan yang ada d kawasan Anja,” jelasnya.

 

Selain pengadaan pengilingan padi, hal yang paling penting seperti pelayanan hak dasar pendidikan dan kesehatan perlu ditingkatkan lagi di Kelurahan Lembara tersebut. Menurut Neng, sapaan akrabnya, pendidikan dan kesehatan menjadi hal yang sangat penting untuk lebih ditingkatkan dari segi pelayanan secara merata disemua kelurahan di Kota Palu. RES

 

Dapatkan Info berita terupdate Langsung ke perangkat anda, Berlangganan.

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublish