Pilkada Poso 2020, KPU Tetapkan Paslon Verna- Yasin Bupati Terpilih

  • Whatsapp
KPU-Poso-penetapan

POSO, MERCUSUAR  – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Poso, Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) resmi menetapkan  Pasangan Calon (Paslon ) nomor urut 1,  Verna Gladies Inkiriwang – M.Yasin Mangun sebagai pemenang dalam Pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak  2020 di Kabupaten Poso.

Penetapan tersebut digelar dalam rapat pleno  KPU Poso, yang dilaksanakan di salah satu hotel di Poso. Jumat (19/02).

Berita Terkait

Ketua KPU Kabupaten  Poso, Budiman Maliki  dalam sambutannya saat membuka pleno ikut memberikan apresisi kepada seluruh unsur yang terlibat dan telah mensukseskan Pilkada Poso tahun 2020,  hingga berhasil menetapkan  Paslon terpilih.

Pilihan Redaksi :  Solid Dukung AHY, Anwar Hafid Segera Pecat Kader Tak Loyal

Menurut dia, keberhasilan Pilkada Poso tidak lepas dari kerja keras para penyelenggara, khususnya Bawaslu bersama jajarannya, KPU Poso dan jajaran mulai tingkat kelurahan dan desa hingga tingkat Kecamatan atau PPK.

‘’Saya mengucapkan terimah kasih serta apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang telah ikut mendukung, sehingga pelaksanaan Pilkada Poso berjalan aman dan lancar,’’ ucapnya.

Selain kepada penyelenggara, Budiman Maliki  juga ikut memberikan  apresiasi kepada seluruh aparat TNI-Polri  yang telah menjalankan tugasnya dengan baik,  sehingga proses tahapan Pilkada Poso seluruhnya berjalan aman. Diakuinya, tanpa dukungan aparat keamanan serta  partisipasi seluruh masyarakat Poso, pelaksanaan Pilkada tidak akan bisa berjalan dengan jujur, tertib dan aman.

Pilihan Redaksi :  Pilkada 2020, Partisipasi Pemilih di Bahadopi Hanya 21 Persen

‘’KPU Poso juga tidak lupa mengucapkan terimah kasih kepada seluruh masyarakat yang ada di 19 wilayah Kecamatan se kabupaten Poso, yang telah antusias memberikan hak pilihnya di Tempat Pemungtan Suara (TPS), untuk Pilkada serentak tahun 2020 ini tingkat partisipasi pemilih mengalami peningkatan yang cukup signifikan dibandingkan dengan Pilkada tahun sebelumnya,’’ tambah Budiman.

Pelaksanaan rapat pleno penetapan hasil Pilkada Poso tersebut hanya di hadiri oleh Paslon  Nomor urut 1 Gladies Inkiriwang – M.Yasin Mangun, bersama para partai pengusung. Sementara dua Paslon  nomor urut  2 DAS Beramal  dan Paslon Nomor urut 3, Samsuri-Toni tidak hadir dengan alasan tidak jelas.

Rapat Pleno penetapan Paslon  Pemenang Pilkada tersebut  dijaga ketat oleh puluhn aparat TNI-Polri , seluruh pengunjung yang datang diwajibkan mematuhi protokol kesehatan (Prokes) Covid-19.

Pilihan Redaksi :  Reses, Ketua DPRD Palu Serahkan Bantuan

Rapat Pelano penetapan pemenang Pilkada Poso tersebut, ditutup dengan  penandatanganan berita acara  oleh Paslon terpilih, yang disaksikan oleh para komisioner KPU, Komisioner Bawaslu Poso serta partai pengusung dan para simpatisan.

Sebelumnya  perolehan  suara hasil  Pilkada serentak Kabupaten  Poso  pasangan Nomor urut 1 Gladies Inkiriwang – M.Yasin Mangun unggul dengan perolehan  61,326 suara, Paslon Nomor urut 2 Darmin –Amdjad Lawasa  mendapatkan 53.319 suara  dan terakhir  Paslon Nomor urut 3 SamsurI –Toni dengan perolehan 10.694 suara.MAL/*TIN

Baca Juga