Pindah Server, Layanan Disdukcapil Palu Off

  • Whatsapp
Disdukcapil Off

TANAMODINDI, MERCUSUAR – Maintenance perangkat Sistem Administrasi Kependudukan (SIAK) dan back up serta restore data, sistem jaringan pada server Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Palu yang dipindahkan ke gedung baru layanan dii kantor tersebut dihentikan (off) selama tiga hari.

Diusahakan layanan dapat beroperasi kembali pada Kamis (14/1/2021), dimana diketahui sejak Senin (11/1/2021) layanan cetak dokumen dihentikan sementara, hanya menerima berkas dan pelayanan mengambil dokumen yang sudah dicetak seperti KTP- el.

Berita Terkait

“Karena Kantor Dukcapil usai masa perbaikan, maka akan segera dimanfaatkan untuk itu tim teknis,” kata Kadis Dukcapil, Rosidah, Selasa (12/1/2021).

Pilihan Redaksi :  PP Nomor 70 Tahun 2020 Diharapkan Berlaku Efektif

Dikatakannya, guna melakukan peningkatan pelayanan selain maintenance perangkat, juga mengatur pos-pos layanan yang teratur. “Dengan pengaturan yang baru ini, sehingga server juga untuk menata loket bisa terisi semua,”ujar dia.

Sistem manajemen pelayanan di Dukcapil juga terjadi perubahan pola, yang diharapkan pola manajemen tersebut dapat lebih singkat, akurat data dan lebih cepat pelayanan. Lanjut Rosidah, seluruh unit layanan kini kembali beroperasi, baik unit KAI, Perekaman KTP, Unit layanan mobile di kecamatan sesuai jadwal yang telah disusun untuk 2021.

Setelah adanya pembenahan dan perbaikan server, diharapkan tidak ada lagi kendala dikomunikasi data yang mengganggu lalu lintas data.

“Diperbaiki sebelumnya itu agar tidak bertrabrakan data-data dari seluruh unit layanan sehingga down server, kita benahi semua,”ungkapnya. ABS

Baca Juga