PLTA Salo Pebatua, Pembangunan Harus Ramah Lingkungan

  • Whatsapp
FOTO PLTA SIGI

SIGI, MERCUSUAR- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi sangat mendukung rencana pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Salo Pebatua di Sungai Lariang, Kecamatan Pipikoro dan Kulawi Selatan oleh PT Lentera Damar Amerta.

Namun pembangunan PLTA tersebut harus sejalan dengan konsep pembangunan berkelanjutan yang ramah lingkungan dan tidak merugikan masyarakat sekitar. Sebab pembangunan PLTA untuk kepentingan masyarakat, sekaligus sebagai upaya untuk memajukan Kabupaten Sigi.

Berita Terkait

Demikian dikatakan Bupati Sigi, Moh Irwan Lapatta didampingi Kepala DLH, Plt Kepala Dinas PUP, Kepala DPMPTSP dan Kabag Humas saat menggelar pertemuan dengan Komisaris PT Lentera Damar Amerta, Herman secara virtual di Kantor Bupati Sigi Sementara, Selasa (19/1/2021).

Pilihan Redaksi :  PMI Sigi, Diharap Tingkatkan Pelayanan Kemanusiaan

Menurut Bupati, dalam pelaksanaan pembangunan PLTA itu perusahaan diminta untuk dapat mengakomodir jika ada masukan dari masyarakat dan LSM/organisasi masyarakat, terkait pembangunan tersebut.

“Seperti melibatkan masyarakat sekitar dalam proses pembangunan,  serta bagaimana mekanisme jika ada relokasi masyarakat yang berada di sekitar lokasi pembangunan,” ujar Bupati.

Sementara itu, Komisaris PT Lentera Damar Amerta, Herman menjelaskan bahwa pembangunan PLTA Salo Pebatua setelah pihaknya melihat potensi debit air yang besar, yang diharapkan bisa dimanfaatkan untuk membantu masyarakat, khususnya di sekitar lokasi Sungai Lariang.

“Pembangunan PLTA akan dilakukan sejalan dengan konsep pembangunan ramah lingkungan, dengan melibatkan masyarakat setempat. Terkait relokasi masyarakat, pihaknya akan melakukan peninjauan dan tindaklanjuti untuk mencari lokasi apabila ada masyarakat yang harus direlokasi,” ujar Herman. AJI

Baca Juga