PMI Palu Semprot Masjid Raodha Tondo

0 90

Dapatkan Info berita terupdate Langsung ke perangkat anda, Berlangganan.

PALU, MERCUSUAR – Sebanyak delapan orang sukarelawan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Palu melakukan penyemprotan cairan desinvektan untuk mencegah wabah virus corona COVID-19 di Masjid Raodha di Kelurahan Tondo, Minggu (22/3) sore. Penyemprotan secara gratis itu dipimpin Ketua PMI Kota Palu, Syamsul Saifudin.

Dua sukarelawan melakukan penyemprotan masing-masing di lantai bawah dan lantai dua. Keduanya mengenakan pakaian khusus dan sepatu boot. Sepatu boot mereka kemudian masih dibungkus lagi dengan plastik.

Selesai penyemprotan, sukarelawan lainnya kemudian mengepel lantai masjid. Mimbar masjid pun tidak luput dari pembersihan setelah disemprot. Malahan, semua kran air di tempat wudhu juga dibersihkan semuanya.

“Ya, beginilah tata caranya penyemprotan, selesai disemprot semua ruangan dan di bagian luar, kemudian harus dibersihkan lagi,” kata Syamsul Saifudin.

Menurutnya, inilah pertama kalinya PMI Kota Palu melakukan penyemprotan. Sekarang sedang didata untuk dijadwalkan tempat-tempat lainnya untuk dilakukan penyemprotan. “Polsek Palu Barat secara lisan juga sudah meminta untuk dilakukan penyemprotan di kantornya,” katanya.

Sementara itu Lembaga Kemanusiaan Global Aksi Cepat Tanggap (ACT) Cabang Sulawesi Tengah, di Palu, Minggu (22/3), mulai menyemprot desinfektan di perusahaan pers, Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) ANTARA Biro Sulteng, sebagai upaya pencegahan penyebaran virus COVID-19.
“Salah satu yang menjadi fokus kami dalam aksi kemanusiaan ini ialah para awak media dan tempat kerja mereka,” ucap Penanggung jawab Program ACT Sulawesi Tengah, Mustafa.
Tim kemanusiaan ACT Sulteng dalam pencegahan penyebaran virus COVID-19 beranggotakan kurang lebih delapan orang, dipimpin langsung oleh Mustafa. Mereka tiba di Kantor LKBN ANTARA sekitar pukul 13.30 Wita, dan langsung melakukan penyemprotan desinfektan ke seluruh ruangan dan halaman Kantor Berita Indonesia itu.
ACT menyediakan kurang lebih 100 liter desinfektan untuk tiga tempat sasaran penyemprotan.
“Dalam sehari kami targetkan tiga tempat. Hari ini di Kantor Berita ANTARA, sekolah dan bank,” ujarnya.
Sebelum menyemprot desinfektan di Kantor LKBN ANTARA, Tim ACT telah melakukan penyemprotan di SMAN 3 Palu. Selanjutnya penyemprotan dilanjutkan di BCA Cabang Palu.MAN/ANT

Dapatkan Info berita terupdate Langsung ke perangkat anda, Berlangganan.

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublish