PN Palu Terbitkan 1.544 Surat Keterangan

  • Whatsapp
Lilik Sugihartono

PALU, MERCUSUAR – Selama tahun 2018, Pengadilan Negeri (PN) Klas IA/PHI/Tipikor Palu menerbitkan 1.544 surat keterangan.

Surat keterangan yang diterbitkan itu, berupa surat keterangan tidak pernah dipidana, surat keterangan sedang tidak dicabut hak pilihnya, surat keterangan dipidana karena kealpaan ringan serta surat keterangan tidak memiliki tanggungan hutang secara perorangan dan/atau secara badan hukum yang menjadi tanggung jawabnya yang merugikan keuangan negara.

Demikian dikatakan oleh Humas PN Klas IA/PHI/Tipikor Palu, Lilik Sugihartono SH mengacu data di Bagian Hukum, Kamis (3/1/2019) sore.

Dijelaskannya, surat keterangan yang terbanyak diterbitkan yakni surat kleterangan tidak pernah dipidana.

“Surat keterangan tidak pernah dipidana diterbitkan untuk berbagai keperluan dan tujuan dari pemohon, baik keperluan pekerjaan, mencari kerja maupun keperluan pemohon yang  maju sebagai calon anggota legislatif (Caleg) 2019, serta keperluan lainnya,” jelas Lilik.

“Surat keterangan ini bagi pemohon yang berdomisili di wilayah hukum Pengadilan Negeri Palu,” sambungnya.

Untuk memperoleh surat keterangan dari pengadilan, lanjutnya, ada sejumlah persyaratan yang harus dilengkapi, yakni KTP, kartu keluarga, pas foto ukuran 4 x 6 dua lembar, SKCK serta mengisi surat pernyataan.

“Jika tidak ada KTP, pemohon bisa menggunakan SIM, kartu BPJS, paspor atau kartun pelajar,” kata Lilik.

Ditambahkannya, saat ini, pembuatan surat keterangan di pengadilan tidak dipungut biaya. Hal itu berdasarkan Surat Edaran Mahkamah Agung (SEMA) Nomor: 2 tahun 2018 tertanggal 4 Juli 2018. AGK  

Baca Juga