Polres Sigi Libatkan 2.455 Personel

PENGAMANAN PEMILU

0 64

Dapatkan Info berita terupdate Langsung ke perangkat anda, Berlangganan.

SIGI, MERCUSUAR – Dalam Operasi Mantap Brata pengamanan tempat pemungutan suara (TPS) pada Pemilu 2019 di Kabupaten Sigi, Polres Sigi melibatkan 2.455 personel.

Jumlah tersebut terdiri dari 639 personel Polisi baik dari Polres Sigi maupun BKO Polda Sulteng, 30 personel TNI, 50 personel Satpol PP dan 30 personel Dishub. Selain itu ditambah perbantuan Pam TPS, yakni Linmas sebanyak 1.706 orang yang akan ditempatkan di 853 TPS, dimana tiap TPS dua orang.

Demikian dikatakan Kapolres Sigi, AKBP Wawan Sumantri saat memimpin apel pergeseran pasukan TPS Pemilu 2019 di halaman Mapolres Sigi, Senin (15/4/2019).

Menurut Kapolres, apel tersebut merupakan pengecekan pergeseran pasukan untuk pengamanan TPS, mengingat TPS ada polanya yakni TPS rawan, kurang rawan dan sangat rawan.

“Tentunya kita sesuaikan dengan tipikal wilayah Polres Sigi. Untuk TPS rawan, tentunya rawan geografis karena letaknya jauh, yaitu di Kecamatan Pipikoro, Kulawi Selatan, Kulawi, Lindu  dan Kecamatan Marawola Barat. Juga satu TPS di Dusun Manggalapi, Desa Rezeki, Kecamatan Palolo yang rawan kriminalitas dan terorisme,” jelas Kapolres.

Selain pengamanan TPS, kata Kapolres, ada satgas-satgas lain untuk cipta kondisi, kemudian ada satgas preventif, satgas tindak dan satgas ‘money politik’ yang siap mendukung pelaksanaan tugas di lapangan.  

Personel menjamin kemanaan saat pencoblos, hingga masyarakat diminta berpartisipasi untuk menggunakan hak pilihnya. “Dengan harapan personel melaksanakan tugas dengan baik dan sesuai Standar Opersional Prosedur, serta pelaksanaan Pemilu 2019 berjalan aman dan lancar,” tutup Kapolres.AJI

Dapatkan Info berita terupdate Langsung ke perangkat anda, Berlangganan.

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublish