PPK Ikuti Bimtek Pemutakhiran Data Pemilu

  • Whatsapp

SIGI, MERCUSUAR – Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se Kabupaten Sigi mengikuti bimbingan teknis (Bimtek) menyangkut persiapan pemutakhiran data pemilu yang dilaksanakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sigi di Hotel Best Western Plus Coco Palu, Senin (9/4/2018).

Komisioner KPU Sigi Divisi Penyelenggaraan Pemilu Moh Syarif Latadano mengatakan kegiatan tersebut bertujuan memberikan pemantapan sekaligus pemahaman kepada PPK se Sigi tentang tugas dan fungsi mereka dalam proses pemutakhiran data pemilih untuk pemilu tahun 2019 mendatang.

Berita Terkait

“Hal ini dilakukan sebagai langkah persiapan pelaksanaan pencocokan dan penelitian atau coklit serentak se Indonesia pada tanggal 17 April nanti. Sehingga melalui kegiatan ini kami harapkan PPK kelak sudah memahami tentang apa-apa yang harus mereka lakukan  dalam pemutakhiran data pemilih,” jelasnya.

Pilihan Redaksi :  Sigi Terima Bantuan 126 Huntap

Dia menyatakan pasca pelaksanaan bimtek tersebut, KPU Sigi melanjutkan agenda dengan menggelar bimtek kepada Panitia Pemungutan Suara (PPS) di tingkat desa maupun panitia pendaftaran pemilih (pantarlih) se Sigi.

“Rencananya untuk bimtek PPS dan pantarlih kami laksanakan selama lima hari berturut-turut mulai tanggal 11-15 April ini. Kami pun akan membagi tiga kecamatan setiap harinya, sehingga butuh waktu lima hari untuk menuntaskan 15 kecamatan yang terdiri dari 176 desa dan 531 tempat pemungutan suara atau TPS,” tambahnya.

Menyangkut soal TPS, Syarif pun mengaku jumlah tersebut masih ada peluang bertambah sesuai amanat Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 11 tahun 2017 tentang pemutakhiran data pemilu. Pasalnya, jumlah pemilih per TPS hanya sebanyak 300 orang.

Pilihan Redaksi :  Sigi Terima Bantuan 126 Huntap

“Jadi kalau ada areal pemilihan yang jumlah orangnya lebih dari 300, maka TPS itu akan ditambahkan, jadi masih ada kemungkinan jumlah TPS bertambah dari jumlah yang terdaftar saat ini,” tutupnya. BAH

 

Baca Juga