Program Pemulihan Pascabencana, Mercy Cops Serahkan ke Pemkab Sigi

  • Whatsapp
FOTO SERAH TERIMA SIGI
PJS Bupati Sigi, Sisliandy bersama Direktur Eksekutif Mercy Corps Indonesia, Ade Soekadis saat menyerahkan penghargaan pada Kades Waturalele di Hotel Sutan Raja Palu, Selasa (24/11/2020). FOTO: DOK HUMAS PEMKAB SIGI

SIGI, MERCUSUAR – Program Mercy Corps Indonesia terkait pemulihan pascabencana di beberapa titik di desa dan kecamatan di Sigi diserahkan pada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi.

Program tersebut berupa perluasan atau penambahan titik sarana air bersih dan pembangunan rehabilitasi jamban umum.

Berita Terkait

Demikian dikatakan Direktur Eksekutif Mercy Corps Indonesia, Ade Soekadis saat kegiatan deklarasi Open Defecation Free (ODF) sekaligus serah terima program pemulihan pascabencana di Kabupaten Sigi di Hotel Sutan Raja Palu, Selasa (24/11/2020).

Dijelaskannya, intervensi atau respon atas pascabencana gempa, tsunami dan likuefaksi di Pasigala khususnya Sigi, tidak hanya berakhir diacara seremonial. Namun kedepan antara Pemkab Sigi dan Mercy Corps Indonesia mempunyai program jangka panjang.

Pilihan Redaksi :  Koruptor Pembangunan Dermaga di Bangkep Ditangkap

“Selain membantu fasilitas air dan sanitasi, juga akan membantu proses perbaikan ekonomi dengan pembuatan sumur bagi petani,” katanya.

Dia berharap adanya perluasan atau penambahan titik sarana air bersih dan pembangunan rehabilitasi jamban umum di Sigi dari pihaknya bersama The Taipei Economic and Trade Office (TETO) bagi masyarakat itu, dirawat agar bantuan berdampak positif dan berkepanjangan.

Sementara itu, Pejabat Sementara (Pjs) Bupati Sigi Sisliandy mengucapkan terimakasih pada Mercy Corps Indonesia dan TETO yang telah hadir di Sigi dengan berbagai program bantuannya untuk masyarakat terdampak bencana gempa bumi dan likuefaksi pada 28 September 2018 silam.

Mercy Corps Indonesia dalam program tanggap darurat bencana, katanya, telah memulai implementasi program dengan fokus pada kegiatan distribusi barang non makanan, pembangunan dan rehabilitasi jamban umum, pengembangan sumber air dan pengolahan akses air untuk pertanian, pemberdayaan masyarakat promosi kesehatan dan psikososial bagi masyarakat Sigi.

Pilihan Redaksi :  Penerima Bantuan Bibit Durian di Sigi Dievaluasi

“Pemerintahtidak dapat bekerja sendiri tetapi harus didukung oleh seluruh komponen, serta seluruh masyarakat agar penanganan bencana dapat diselesaikan dengan baik,” ujar Pjs Bupati

Pemerintah daerah, sambungnya, berupaya untuk terus memberi pelayanan maksimal pada seluruh masyarakat, serta akan selalu merespon persoalan-persoalan yang dihadapi masyarakat termasuk dalam rangka membantu meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat. “Diharapkan bantuan yang telah ada dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan dan dapat dirawat dengan baik, agar bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari,” imbau Pjs Bupati. AJI

Baca Juga