Programkan Penanaman Jengkol

0 11

Dapatkan Info berita terupdate Langsung ke perangkat anda, Berlangganan.

Bupati Sigi, Moh. Irwan Lapatta mendorong Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi untuk memprogramkan penanaman jengkol. Hal tersebut sebagai upaya memanfaatkan peluang perpindahan ibu kota negara ke Kalimantan Timur (Kaltim).

Moh Irwan Lapatta, Selasa (15/10/2019) mengatakan, buah jengkol memiliki nilai ekonomi tinggi, karena harga dari tanaman jengkol tergolong tinggi, sehingga masyarakat perlu menanam tanaman itu.

Kata dia, sebelum memprogramkan penanaman jengkol, Pemkab Sigi akan menggelar pertemuan terlebih dahulu dengan masyarakat. Untuk bibit jengkol sendiri, pihaknya akan berkoordinasi dengan Kapolda Sulteng.

“Tanaman Jengkol cocok ditanam di daerah agak kering, seperti di Bulupountu Desa Sidera dan Desa Bora, Kecamatan Sigi Biromaru. Tanaman jengkol jika melalui cangkok, usia berbuah 4-5 tahun, sedangkan menggunakan biji membutuhkan 7-8 tahun waktu berbuah,” jelas Irwan.

Kata Irwan, satu pohon jengkol yang cukup umur, bisa menghasilkan jengkol bersih yang sudah dikupas, minimal 15-20 kilogram, sehingga tanaman Jengkol dapat meningkatkan ekonomi kerakyatan. AJI     

Dapatkan Info berita terupdate Langsung ke perangkat anda, Berlangganan.

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublish