Pulang dari Ijtima di Gowa, 20 Warga Buol Positif Covid-19

  • Whatsapp
Screenshot_20200416-214149~2

BUOL, MERCUSUAR – 20 warga kabupaten Buol, Provinsi Sulawesi Tengah dinyatakan positif Corona atau Covid-19 setelah dilakukan rapid tes.

20 warga Buol itu diketahui memiliki riwayat perjalanan dari Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel) untuk mengikuti kegiatan keagamaan Ijtima.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulteng, dr Renny Lamadjido membenarkan bahwa ada 20 warga Buol yang terkonfirmasi positif Covid-19 setelah dilakukan rapid tes.

” 20 warga Buol saat ini diminta untuk melakukan isolasi mandiri di tempat yang telah disediakan pemerintah setempat. Selain itu, tim gugus Covid-19 di kabupaten Buol melakukan contact tracking dari 20 warga Buol itu,” kata Renny, Kamis (16/4/2020) malam.

Sementara itu, salah satu gugus tugas Covid – 19 Kabupaten Buol, dr Mariyati Ismail mengatakan, hasil rapid test 20 orang terkonfirmasi positif, namun belum bisa dipastikan apakah virus corona atau virus jenis lainnya, karena pemeriksaan hanyalah skrining atau penyaringan, bukan hasil akhir.

Menurutnya, swab 20 warga Buol baru akan dikirim ke laboratorium di Makassar pada besok (hari ini,red)

Saat ini kata dr. Mariyati, 20 Warga Buol yang berasal dari Kecamatan Gadung dan Kecamatan Palele Barat itu, sudah dikumpulkan di Rusunawa milik Pemerintah Kabupaten Buol untuk dipantau kesehatannya, sambil menunggu hasil swab nya yang baru akan dikirim hari ini.

Selama berada di Rusunawa kata dia, 20 warga itu akan dijamin gizinya, sehingga imun tubuhnya kuat dari serangan virus yang ada dalam tubuh mereka.

Mariyati mengungkapkan bahwa riwayat perjalanan 20 warga Buol itu, berasal dari Gowa mengikuti pertemuan jamaah beberapa waktu lalu.

Pemkab Buol berinisiatif mencari mereka melalui pengumuman dari setiap RT, setelah satu orang di buol dinyatakan positif corona.STN/TIN

Baca Juga