Pulau Terluar Menarik Wisatawan

Pengelolaan Potensi Destinasi Wisata Tolitoli

0 45

Dapatkan Info berita terupdate Langsung ke perangkat anda, Berlangganan.

TOLITOLI, MERCUSUAR – Sejumlah pulau terluar yang dimiliki Tolitoli merupakan potensi destinasi wisata yang memerlukan perhatian serius pemerintah untuk dikelola. Dengan sejuta pesona yang ada di pulau-pulau terluar itu, menjadi daya tarik tersendiri untuk dinikmati oleh para wisatawan mancanegara maupun domestik.

Demikian salah satu petikan penting yang disimak dari wawancara dengan Kepala Dinas Pariwisata Propinsi Sulawesi Tengah, Drs. I Nyoman Sriadijaya, MM saat berada di Tolitoli menghadiri acara Bimtek Pengelolaan dan Pengembangan Desa Wisata Se-Sulawesi Tengah yang dilaksanakan di Hotel Mitra Utama Tolitoli. Menurutnya, selian destinasi wisata Malangga, Pulau Sabang dan lainnya, pengelolaan pulau terluar perlu ada perhatian khusus.

Pesona Pulau Salando, Pulau Lingayan, Pulau Sabang dan beberapa pulau terluar yang ada dalam wilayah territorial Tolitoli sangat menjanjikan untuk dapat dikunjungi wisatawan. Karena itu menjadi penting untuk dimasukkan dalam program untuk pengelolaannya. Kita jangan merasa puas dengan sejumlah destinasi yang telah kita punya, tetapi harus terus berinovasi untuk mengembangkan potensi destinasi lain termasuk destinasi pulau terluar ini.

Pegiat wisata yang ada di desa harus terus berkarya. Kelompok-kelompok sadar wisata yang telah dibentuk harus terus berkreasi membangkitkan semangat dengan melibatkan partisipasi masyarakat. Semua bentuk kearifan lokal harus diangkat, dikelola secara baik karena dari situlah kita memulai. Kenali kearifan lokal yang ada di wilayahnya masing-masing sehingga bisa mengenalkan potensi wisata kita keluar. Perbaiki kwalitas destinasi kita supaya kita menjualnya ke manca Negara.

Menurut Kadis I Nyoman Sriadijaya, ketika seluruh potensi wisata, destinasi wisata kita telah dikelola secara baik maka kunjungan para wisatawan tentu akan semakin meningkat jumlahnya. Efek positifnya tentu bagi daerah akan semakin meningkat pula penerimaan pendapatan daerah. Karena itu maka kita perlu serius dan focus member perhatian untuk pengelolaan potensi destinasi wisata yang memiliki pesona tersendiri.

Menanggapi harapan Pemerintah Kabupaten Tolitoli yang meminta Dinas Pariwisata Propinsi Sulawesi Tengah memberikan sinergitasnya dalam rangka dukungan pengelolaan infrastruktur pariwisata di Tolitoli, I Nyoman Sriadijaya dengan tegas menyatakan bahwa sinergitas itu sangat penting. Pemerintah Kabupaten, Propinsi dan Pemerintah Pusat akan terus memberikan perhatiannya kepada seluruh daerah untuk pengelolaan dan pengembangan destinasi wisata. Semua kementerian mengambil peran secara khusus terkait dengan pembangunan ke pariwisataan di Indonesia. “Karena itu maka marilah terus kita bergerak untuk memajukan kepariwisataan kita,” tutur I Nyoman Sriadijaya mengakhiri perbincangannya dengan Mercusuar. MP 

Dapatkan Info berita terupdate Langsung ke perangkat anda, Berlangganan.

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublish