Puluhan Kendaraan Terjaring di Hari Pertama Operasi

0 18

Dapatkan Info berita terupdate Langsung ke perangkat anda, Berlangganan.

LOLU UTARA, MERCUSUAR – Hari pertama Operasi Zebra Tinombala 2019 sudah menjaring puluhan kendaran roda dua dan empat yang melintas di Jalan Hasanudin, Kelurahan Lolu Utara, Kecamatan Palu Timur, Rabu (23/10/2019). Razia kali ini dilakukan secara gabungan yakni bersama pihak Dinas Perhubungan dan Polisi Militer.

Kasat Lantas, Iptu M Abdhi Hendriyatna mengatakan, rata-rata pengendara yang terjaring razia karena tidak melengkapi surat-surat kendaraan dan kelengkapan kondisi kendaraan.  Adapula anak di bawah umur menggunakan kendaraan yang ikut terjaring petugas.

Operasi  yang digelar serentak di seluruh Indonesia ini berlangsung selama 14 hari, sejak 23 Oktober sampai 5 November 2019. Sejumlah titik jalan yang dianggap rawan pelanggaran lalu lintas akan dijadikan lokasi razia.

“Hari pertama kita merazia kendaraan di Jalan Hasanudin, di Jalan ini biasanya pengendara melebihi batas kecepatan dan rentan pelanggaran lalu lintas. Selanjutnya lokasi masih kami rahasiakan,”kata Abdhi.

Ia menambahkan, ada beberapa sasaran yang diterapkan dalam Operasi Zebra Tinombala 2019 yakni melawan arus, berkendara di bawah umur, menggunakan ponsel saat mengemudi, tidak menggunakan helm SNI, mengemudikan kendaraan tidak menggunakan sabuk keselamatan. Selanjutnya,  melebihi batas kecepatan, berkendara dalam keadaan mabuk alkohol, kendaraan roda dua maupun roda empat tidak dilengkapi perlengkapan standar

Selain itu, kendaraan bermotor yang memasang rotator atau sirine, kendaraan bermotor maupun roda empat tidak laik jalan, kendaraan bermotor maupun roda empat tidak dilengkapi STNK dan berkendara motor berboncengan tiga juga jadi sasaran operasi.

Abdhi mengimbau agar masyarakat melengkapi kendaraannya beserta surat-suratnya. Mengecek kondisi kendaraan sebelum berkendara dan tidak menggunakan knalpot bising. IKI

Dapatkan Info berita terupdate Langsung ke perangkat anda, Berlangganan.

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublish