Puluhan PNS Pemkot Ucapkan Sumpah

0 21

Dapatkan Info berita terupdate Langsung ke perangkat anda, Berlangganan.

TANAMODINDI, MERCUSUAR- Pemerintah Kota (Pemkot) Palu melaksanakan pengambilan sumpah dan janji Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemkot, Kamis (29/11/2018). Pengambilan sumpah yang bertempat di Halamana Kantor Sekretariat Kota Palu itu diikuti sebanyak 62 PNS dari 23 Satuan Kerja Pemkot pada Dinas Pertanian dan Kesehatan.

Acara pengambilan sumpah/janji PNS tahun 2018 itu dipimpin oleh Wakil Wali Kota Palu,Sigit Purnomo Said.

Sigit mengatakan, dasar hukum pelaksanaan pengambilan sumpah/janji PNS adalah Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara Pasal 66 ayat (1) “Setiap Calon Pegawai Negeri Sipil pada saat diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil wajib mengucapkan sumpah/janji”, dan Peraturan Pemerintah Nomor 53 tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil Pasal 3 Setiap PNS wajib, pada angka 1 mengucapkan sumpah/janji PNS Kemudian ditegaskan kembali dalam Peraturan Pemerintah Nomor  11 Tahun 2017 Tentang Managemen Pegawai Negeri Sipil Pasal 39 ayat 1 yang berbunyi “Setiap Calon Pegawai Negeri Sipil saat diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil wajib mengucapkan sumpah/janji”.

Menurutnya, pengambilan sumpah/janji merupakan hal yang sangat penting karena merupakan suatu ikrar dalam melaksanakan tugas, dan sebagai salah satu usaha untuk menjamin pelaksanaan tugas kedinasan dengan penuh tanggung jawab. Ikrar ini tidak hanya dipertanggungjawabkan kepada pimpinan atau institusi saja, namun juga kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Dengan begitu, lanjut Sigit bagi PNS yang telah diambil sumpahnya agar dapat menjalankan kewajibannya dengan baik dan penuh tanggung jawab. Selain itu, PNS diharuskan untuk selalu mengembangkan dan meningkatkan kompetensi, memegang teguh integritas, independensi dan profesionalitas sebagai PNS.

Sigit meminta para PNS MELAKUKAN pekerjaan sebaik-baiknya dengan penuh tanggung jawab dan keikhlasan, “Tugas kita sebagai ASN adalah melayani bukan menunggu untuk dilayani,” ujar wawali.

Wawali meminta PNS yang telah diambil sumpahnya menaati dua aturan yang sudah diatur, kemudian bagaimana bekerja dengan jujur, bersih dan lain sebagainya, “Sebab jangan sampai sumpah jabatan yang baru diucapkan ini hanya sekadar hanya jadi sumpah-sumpah janji para lelaki yang diluar sana,” tutupnya. ABS

Dapatkan Info berita terupdate Langsung ke perangkat anda, Berlangganan.

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublish