Quran Ajarkan Konsep Hidup Dalam Keberagaman

0 31

Dapatkan Info berita terupdate Langsung ke perangkat anda, Berlangganan.

PARMOUT, MERCUSUAR – Panitia Hari Besar Agama Islam (PHBI) bekerjasama dengan Pemerintah Daerah, Kementerian Agama, serta Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Parigi Moutong (Parmout), menyelenggarakan peringatan Nuzulul Quran 1440 H /2019 M, yang dilaksanakan di Masjid Attaqwa, Desa Tolai, Selasa (21/5/2019). Peringatan Nuzulul Quran tahun ini bertemakan ‘Kebersamaan Dalam Keragaman Ditinjau Dari Perspektif Alquran.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Parmout, Muslimin, mengawali sambutan mengatakan, Alquran diturunkan untuk menjadi petunjuk dan pedoman bagi umat manusia. Alquran mengajarkan hidup manusia tentang hubungan kepada Allah serta hubungan dengan manusia dan alam sekitarnya.

Alquran kata dia, menerangkan konsep keberagaman, yang bisa kita jabarkan, khususnya di Indonesia, yang terdiri dari berbagai macam suku dan agama. Menurutnya, ada dua konsep keberagaman menurut prespektif Alquran, yang patut kita pedomani.

Pertama, Ashuub yaitu menerima perbedaan akan keberadaan suku bangsa lain, sebagai anugerah dari Allah SWT. Kedua, Nahdhariyaanahdah, yakni menerima eksistensi kemanusiaan, bahwa manusia adalah ciptaan Allah SWT, yang memiliki kesamaan hak antara satu dengan yang lainnya.

Dengan adanya rasa kebersamaan kata dia, maka akan tercipta situasi keberagaman, yakni hidup berdampingan antara berbagai kelompok masyarakat, dalam berbuat kebaikan. Mewujudkan kehidupan damai dalam bermasyarakat dan bernegara menurutnya, adalah ajaran Alquran itu sendiri.

Sementara itu Bupati Parmout diwakili Sekretaris Daerah, Ardi Kadir, dalam sambutannya  mengatakan, Alquran berfungsi sebagai peringatan, rahmat, penjelas, berita gembira, serta sumber hukum. Alquran juga berfungsi sebagai sumber ilmu pengetahuan, yang sangat bermanfaat bagi umat manusia, di mana inspirasinya yang tidak pernah kering, mengalirkan nilai-nilai ajaran Islam yang luhur, menebarkan keteduhan, memberi ketenteraman dan menciptakan kedamaian

“Olehnya melalui peringatan Nuzulul Quran ini, mari kita amalkan AlQuran dalam kehidupan sehari-hari, sehingga kita semua menjadi mukmin yang sejati, untuk senantiasa meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT,”ujarnya.

Kegiatan Nuzulul Quran ini dihadiri oleh para pejabat di lingkungan Pemerintah Daerah Pejabat, Kantor Kemenag Parmout, ASN, serta Jamaah Masjid Attaqwa, Desa Tolai, Kecamatan Torue. JEF/*

 

Dapatkan Info berita terupdate Langsung ke perangkat anda, Berlangganan.

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublish