Raih The Best Design Robot Nasional

PELAJAR MTSN 3 PALU

0 22

Dapatkan Info berita terupdate Langsung ke perangkat anda, Berlangganan.

PALU, MERCUSUAR – Dua orang pelajar Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 3 Palu, beberapa waktu lalu turut membanggakan Provinsi Sulteng, setelah berhasil meraih The Best Design Robot berskala nasional, pada iven Java Robot Contest (JRC) ke-9, di Politeknik Elektronika Surabaya.

Diketahui, dua pelajar itu bernama Fitri Setianingrum dan Radit. Kepada Mercusuar, Fitri menceritakan, mereka berdua sebelumnya telah diseleksi dari tingkat madrasah dan menjalani serangkaian persiapan intensif, sebelum mengikuti iven.

“Saya bersama Radit diseleksi dulu, setelah itu kami dibimbing untuk persiapan lomba ini. Kami berdua juga yang merancang desain robot kami, dengan didampingi pelatih. Alhamdulillah desain robot kami jadi The Best Design di lomba itu, untuk tipe Robot Pengangkut Barang,” ungkap Fitri, Kamis (13/9/2018).

Menurutnya, iven tersebut diikuti peserta dari 98 sekolah se Indonesia, yang terdiri dari SD, SMP, SMA se derajat dan mahasiswa. Dengan prestasi itu, ia mengaku termotivasi untuk lebih menggeluti serta mendalami robot.

“Dari lomba itu, pengalaman dan percaya diri saya bertambah. Saya ingin kedepan terus mempelajari tentang robot. Apalagi saya bercita-cita nanti kuliah di Teknik Elektronika,” sambung Fitri.

Kepala MTsN 3 Palu, Munira mengaku bangga dengan prestasi tersebut dan bersyukur, karena program prakarya robotika baru satu tahun lebih digiatkan di madrasahnya, namun telah menghasilkan prestasi berskala nasional.

“Dari tahun lalu, kami mulai merekrut tenaga pendidik dari Fakultas Teknik Elektro Untad untuk mengajar prakarya robotika di madrasah kami. Alhamdulillah sudah membuahkan hasil, jadi kami bangga. Sekarang jenjang kelas VII dan VIII sudah kami berikan pelajaran prakarya robotika. Target kami bisa terus berkesinambungan, hingga bisa menjangkau semua jenjang kelas,” tutup Munira. BAH

Dapatkan Info berita terupdate Langsung ke perangkat anda, Berlangganan.

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublish