Rasulullah Sosok Manusia Sejati

  • Whatsapp
FB_IMG_1606561583739
Dr. Lukman S. Thahir (kiri), saat menjadi narasumber pada diskusi dalam kegiatan Maulid Underground, di salah satu kafe di Kota Palu. FOTO: Kiriman Moh. Alvi

PALU, MERCUSUAR – Sosok Nabi Muhammad SAW merupakan sosok manusia sejati, yang harus menjadi role model bagi umat Islam, dalam kesehariannya. Kesejatian sosok Nabi Muhammad SAW sebagai manusia, dapat dilihat dari keterpujian perilaku dan pola pikir beliau.

Demikian dikatakan akademisi IAIN Palu, Dr. Lukman S. Thahir, MA, yang didapuk sebagai narasumber pada diskusi dalam kegiatan Maulid Underground, yang dilaksanakan di salah satu kafe di Kota Palu, Sabtu (28/11/2020). Kegiatan ini mengambil tema “Manusia Itu Bernama Muhammad”.

Berita Terkait

Pilihan Redaksi :  Lembaga Pemuda Pengawu, Salurkan Bantuan ke Sulbar

Lanjut Dr. Lukman, sebagai sosok manusia sejati, Rasulullah dalam kesehariannya telah memberikan contoh teladan kepada kita semua, bagaimana perilaku dan pola pikir sebagai umat Islam. Kata dia, contoh teladan dari Rasulullah inilah yang harusnya diejahwantahkan oleh umat Islam dalam kesehariannya, untuk membumikan citra Islam sebagai agama yang damai dan penuh cinta kasih.

“Sosok Rasulullah harus diteladani, bukan hanya secara tekstual, tapi juga secara kontekstual, agar semangat Islam yang Rahmatan lil alamin dapat tersiar ke seluruh penjuru dunia,” ujarnya.

Ketua Panitia, Helmi mengatakan, secara konsep, pelaksanaan Maulid Underground yang kedua ini, menitikberatkan pada pesan luhur, bahwa sosok Rasulullah merupakan sosok manusia sejati yang perilaku dan pola pikirnya menjadi suri tauladan bagi semua. Kata dia, konsepsi ini juga ingin menghadirkan sisi kemanusiaan Rasulullah, yang diharapkan dapat menjadi turning point untuk lebih mengenal sosok Rasulullah secara lebih dekat. JEF

Baca Juga