Rektor: IAIN Palu Milik Masyarakat Sulteng

  • Whatsapp
Sagaf Petalongi - Copy

LERE, MERCUSUAR – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu membuka kesempatan seluas-luasnya untuk memberikan akses pendidikan kepada masyarakat Sulteng, agar bisa mengecap pendidikan di perguruan tinggi. IAIN Palu juga mendukung upaya tersebut dengtan menyediakan ragam beasiswa bagi mahasiswa, walaupun jumlahnya masih terbatas.  

Demikian dikatakan Rektor IAIN Palu, Prof. Dr. H. Sagaf S. Petalongi, M.Pd, Rabu 912/2/2020. Menurutnya, IAIN Palu yang sebentar lagi berubah menjadi UIN, adalah milik seluruh masyarakat Sulteng. Untuk itu, pihaknya berupaya agar para calon mahasiswa yang mendaftar, merupakan keterwakilan dari semua  wilayah di Sulteng.

“Untuk itu dalam sebulan terakhir, kami menggiatkan sosialisasi penerimaan mahasiswa baru di kabupaten/kota se-Sulteng. Semoga dengan sosialisasi ini, tidak ada anggapan bahwa mahassiwa yang masuk di IAIN Palu hanya dimonopoli oleh wilayah tertentu saja,” ujarnya.    

Pilihan Redaksi :  “Andai Saya Jadi Gubernur” - Prioritaskan Masalah Kesehatan

Prof. Sagaf menjelaskan, meski Palu setahun lalu dilanda bencana dan IAIN Palu merupakan salah satu perguruan tinggi yang terdampak bencana, tren jumlah pendaftar mengalami peningkatan. Bahkan menurutnya, pada tahun ajaran 2019/2020 lalu, karena meningkatnya jumlah pendaftar, pihaknya membatasi kuota penerimaan, mempertimbangkan daya tampung.

“Pada penerimaan mahasiswa baru tahun ini, kita upayakan agar para pendaftar bisa terserap dengan maksimal, sesuai daya tampung kita,” ujarnya.

Dirinya mengatakan, kehadiran IAIN Palu sebagai salah satu perguruan tinggi negeri di Sulteng sangat penting, terutama untuk menjawab kebutuhan masyarakat akan pendidikan tinggi. Untuk itu, IAIN Pal uterus melakukan pengembangan, salah satunya dengan penambahan jurusan umum, yakni Pendidikan Matematika dan Pendidikan IPA di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan, serta tambahan jurusan untuk program pascasarjana.

Pilihan Redaksi :  Politisi PKS Dukung Penundaan Pilkada

Untuk jalur penerimaan mahasiswa baru sendiri, di IAIN Palu terdiri dari tiga jalur penerimaan mahasiswa. Pertama, jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) yaitu penerimaan melalui jalur prestasi yang ada di sekolah. Kedua, jalur Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) melalui tes yang dilaksanakan secara serentak secara nasional. Ketiga, jalur seleksi Mandiri, untuk mengakomodir calon pendaftar yang tidak lolos di jalur pertama dan kedua, melalui seleksi yang dilaksanakan pihak kampus. Untuk informasi pendaftaran sendiri, dapat diakses melalui laman www.iainpalu.ac.id, www.span-ptkin.ac.id, atau www.umptkin.ac.id. JEF/MG2 

Baca Juga