Rentetan Gempa Guncang Bahodopi

  • Whatsapp
GEMPA
FOTO: Kerusakan yang terjadi akibat rentetan gempa bumi yang terjadi di wilayah Bahodopi, Kabupaten Morowali, Senin (4/1/2021) dini hari. FOTO: AKUN FB BAMBANG SUSILO

PALU, MERCUSUAR – Rentetan gempabumi mengguncang wilayah Bahodopi, Kabupaten Morowali, Senin (4/1/2021) dini hari. Laman inatews.bmkg.go.id mencatat, gempa pertama terjadi pada pukul 02.27 WITA, dengan magnitudo 3.5 SR, kedalaman 16 km, dengan pusat gempa di darat, 4 km arah tenggara Bahodopi.

Hingga Senin (4/1/2021) pukul 10.22 WITA, tercatat 7 gempa dengan kekuatan bervariasi antara 3 – 5 SR terjadi di sekitar wilayah Bahodopi. Tercatat, dari 7 gempa bumi tersebut, gempa berkekuatan 4.9 SR yang terjadi pukul 03.13 WITA, dengan kedalaman 10 km, pusat gempa 8 km arah timur Bahodopi dan dirasakan skala III MMI di Bungku hingga Malili, Luwu Timur, Provinsi Sulsel, menjadi gempa dengan kekuatan paling besar sejauh ini. Rentetan gempa ini menurut inatews.bmkg.go.id, tidak memicu potensi tsunami.  

Pilihan Redaksi :  Posko Induk Peduli Gempa Sulbar Terima Bantuan dari Nasdem

Berita Terkait

Lokasi rentetan gempabumi ini, terletak tidak jauh dari jalur sesar Matano segmen Geresa. Antara 15-17 Juni 2020 lalu, BMKG Stasiun Geofisika Palu mencatat segmen tersebut juga menyebabkan rentetan belasan gempabumi di sekitar wilayah Bahodopi, dengan kekuatan bervariasi antara 3 – 5 SR.

Rentetan gempa bumi yang terjadi pada Senin (4/1/2021) dini hari ini, terpantau menimbulkan sejumlah kerusakan pada bangunan di wilayah Bahodopi. Sejumlah warga setempat memposting foto-foto kondisi sejumlah bangunan yang retak dan rusak akibat gempa, di media sosial Facebook. JEF   

Baca Juga