RS Darurat di Poso akan Diaktifkan Kembali

  • Whatsapp
Yan Edward Guluda
FOTO: Yan Edward Guluda

POSO, MERCUSUAR – Rumah Sakit (RS) Darurat di Kabupatern Poso akan diaktifkan kembali, menyusul angka kasus kematian akibat COVID-19 mengalami peningkatan.

Data Dinas Kesehatan (Dinkes) Poso melalui laporan harian surveilans ketat Covid-19 tertanggal Selasa 24 November 2020, jumlah kematian pasien Covid-19 telah mencapai lima orang.

Berita Terkait

Hal itu dikatakan Ketua Gugus Tugas Covid-19 Poso, Yan E Guluda, Selasa (24/11/2020).

Menurutnya, tingginya kenaikan kasus Covid-19 di Poso mendorong gugus tugas Covid-19 Kabupaten Poso untuk mengaktifkan kembali RS Darurat  yang beberapa waktu sempat digunakan sebagai tempat perawatan pasien yang terkonfirmasi COVID-19, yakni Hotel Wisata Poso.

Pilihan Redaksi :  Pembebasan Lahan KRS, Ditargetkan Rampung 2021

“Untuk lebih mengefektifkan penanganan suspek Covid-19, gugus tugas akan kembali mengaktifkan Rumah Sakit Darurat, yakni Hotel Wisata Poso. Ini untuk mengantisipasi melonjaknya jumlah pasien  yang terkonfirmasi suspek Covid-19,” jelas Yan Guluda.

Sementara itu, Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Poso, dr Marwan Neno menjelaskan angka kematian COVID-19 di Poso telah mencapai lima orang yang telah terkonfirmasi sesuai hasil swab yang dilakukan.

Dari lima orang pasien yang meninggal, diantaranya seorang Aparatur Sipil Negara (ASN).

Menurut Marwan Neno, tingginya kasus kematian yang terkonfirmasi Covid-19 akibat virus corona kini telah menyebar melalui transmisi lokal.

“Kasus Corona sangat meningkat di Poso karena sekarang ini penyebaranya bukan hanya dari pelaku perjalanan saja, namun penyebarannya sudah melalui transmisi lokal,” kata Marwan pada media ini, Selasa (24/11/20).

Pilihan Redaksi :  Pasien Covid-19 Asal Palu dan Parmout Meninggal

Olehnya itu, menyikapi perkembangan tersebut, pihak Gugus Tugas Covid-19 Poso berharap, kiranya masyarakat tetap terapkan dan laksanakan protap Covid-19. ULY

Baca Juga