Saring Sebelum Sharing

Kapolres Palu AKBP Mujianto

0 127

Dapatkan Info berita terupdate Langsung ke perangkat anda, Berlangganan.

Berpikir dulu sebelum berbicara. Disaring sebelum sharing. Harusnya kalimat ini selalu  ada di benak kita ketika melihat suatu info atau berita yang belum tentu benar.  Berbagai kasus yang terjadi akibat cara berbicara  di media sosial, menjerumuskan kita ke dalam ranah hukum.

Entah itu,  tentang konten atau tulisan yang mencemarkan nama baik orang lain. Parahnya  lagi, kita sering mendapatkan kiriman pesan atau konten berita yang tidak bisa dijamin kebenarannya. Kita lalu membagikannya ke orang lain.

Kapolres Palu, AKBP Mujianto membagikan tips agar kita terhindar dari penyebar berita bohong atau fake news/hoax. Pertama, harus membaca secara teliti berita,  Sebelum share, analisis terlebih dahulu beritanya dan pastikan kebenarannya. Yang lebih penting Pahami UU ITE terlebih dahulu agar terhindar dari sanksinya.

“Intinya, jangan menerima atau membagikan info yang kita sendiri tidak tau kebenarannya. Karena bisa saja mengandung isu SARA bahkan ujaran kebencian,”kata Kapolres.

Ia mengimbau, agar masyarakat Palu lebih berhati-hati dengan isu-isu yang dapat memecahbelah persatuan bangsa. “Tetap waspada, dan laporan ke kantor Polisi terdekat jika ada orang disekitar yang menncoba menyebar hoax atau berita bohong. Secepatnya akan kami tindaklanjuti,”ujarnya.  IKI

 

Dapatkan Info berita terupdate Langsung ke perangkat anda, Berlangganan.

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublish