Seluruh SMA Dan SMK Gelar UNBK

0 25

Dapatkan Info berita terupdate Langsung ke perangkat anda, Berlangganan.

PALU, MERCUSUAR – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Sulteng, memastikan seluruh SMA dan SMK di wilayah Sulteng, bisa melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Hal itu, sesuai dengan komitmen bersama yang telah dibagun selama ini untuk mendukung program pemerintah.

Pernyataan itu, ditegaskan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sulteng, Irwan Lahace, kemarin (13/3).

“Ini pertama kalinya seluruh SMA dan SMK di Sulteng, bisa melaksanakan UNBK, karena sebelumnya masih banyak sekolah yang belum bisa melaksanakan UNBK. Makanya pihak Disdikbud Sulteng sudah memberikan solusi untuk bisa bekerja sama dengan pemerintah kabupaten dan kota, untuk bisa mengizinkan agar SMA dan SMK, bisa meminjam fasilitas komputer yang ada ditingkat SMP begitupun sebaliknya,” urai Irwan Lahace.

Irwan Lahace juga mengatakan, pelaksanaan UNBK sebenarnya sangat penting untuk seluruh sekolah. Sesuai dengan survei yang telah laksanakan, di sejumlah sekolah ternyata banyak siswa lebih memilih untuk melaksanakan UNBK dibadingkan Ujian Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP).

Sehingga dengan hasil survei, bisa disimpulkan, kalau UNKP merupakan ujian yang sudah ketinggalan zaman, karena prosesnya sangat panjang dibanding UNBK. Pendidikan harus bisa mengikuti zaman jadi perlu adanya perubahan dalam pelaksanaan ujian nasional.

Kemudian, pihaknya memastikan pelaksanaan UNBK di seluruh SMA dan SMK akan, dilaksanakan secara serentak pada awal April mendatang. Saat ini seluruh sekolah telah melaksanakan berbagai persiapan untuk menghadapi UNBK. Hingga saat ini belum ada laporan sekolah yang membatalkan pelaksanaan UNBK mendatang.

“Pelaksanaan UNBK ini sudah kami dorong dari tahun sebelumnya jadi seluruh sekolah saat ini sudah siap. Kami berharap agar pelaksanaan nantinya bisa berjalan dengan lancar tanpa adanya kendala, karena pelaksanaan UNBK sangat bergantung dengan kondisi listrik. Apalagi saat ini listrik di Sulteng masih belum normal seperti biasanya,” terangnya.

Dalam waktu dekat Disdikbud Sulteng akan melaksanakan kunjungan ke PLN untuk memastikan keamanan listrik pada saat pelaksanaan UNBK. Semoga nantinya pihak PLN bisa memberikan jaminan kepada seluruh sekolah di Sulteng untuk bisa melaksanakan UNBK dengan aman.UTM

Dapatkan Info berita terupdate Langsung ke perangkat anda, Berlangganan.

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublish