Sementara Sakaya Unggul di Donggala

0 169

Dapatkan Info berita terupdate Langsung ke perangkat anda, Berlangganan.

DONGGALA, MERCUSUAR – Hasil sementara perolehan suara Pilkada Donggala menempatkan paslon 2 Kasman Lassa – Moh. Yasin (Sakaya) unggul atas tiga paslon lainnya.

Perhelatan Pilkada Donggala, pada Rabu (27/6/2018), berlangsung aman dan terkendali.

Selain paslon  Sakaya, Pilkada ini juga diikuti paslon nomor urut 1 Anita B. Nurdin –  Abdul Rahman (Arrahman), paslon 3 Vera E. Laruni Taufik Burhan (Vegata) dan paslon 4 Idham Pagaluma – Moh. Yasin (Iyamo).

Sumber perhitungan suara dari Ketua Tim Pemenang Sakaya, Abdul Rasyid menyebutkan bahwa real count C1 hingga pukul 19.00 Wita dari 50 persen suara yang masuk, menempatkan paslon 2 Sakaya berada diperingkat pertama 37,65 persen, disusul paslon 3 Vegata 26,47 persen dan Arrahman 21,93 persen serta paslon 4 Iyamo, 11,6 persen.

Calon bupati Kasman Lassa dihubungi malam tadi mengatakan bahwa berdasarkan data yang dimilikinya, Sakaya menang di 9 kecamatan, yaitu Banawa Tengah, Banawa Selatan, Rio Pakava, Pinembani, Tanantovea, Labuan, Sirenja, Balaesang Tanjung dan Sojol. Sementara untuk kecamatan Sindue masih dalam proses perhitungan.

“Sampai malam ini, Sakaya unggul 36 persen lebih. Sekarang masih dalam perhitungan suara yang masuk lagi,” ujar Kasman.

Beberapa sumber lain juga menyebutkan untuk paslon 1 Arrahman menang di 2 kecamatan, yaitu Balaesang dan Dampelas.

Untuk paslon 2 Vegata unggul di 3 kecamatan Sindue Tombusabora, Sindue Tobata dan Sojol Utara. Sementara paslon 4 Iyamo hanya unggul di Kecamatan Banawa.

Perhitungan suara di kubu paslon 1 Arrahman jelang magrib menginformasikan posisi Arrahman berada di peringkat pertama dengan raihan 33 persen suara, disusul Sakaya 30 persen dan Vegata 29 persen serta Iyamo 8 persen.  Namun informasi ini terputus hingga jelang pukul 19.00 wita dan tidak ada kabar beritanya lagi.

IYAMO MENANG DI IBU KOTA DONGGALA

Perolehan suara di Kecamatan Banawa ibu kota Kabupaten Donggala dimenangkan paslon 4 Iyamo sebesar 7.008 suara disusul paslon 1 Arrahman 4.476 suara, paslon 2 Sakaya 4.251 suara dan paslon 3 Vegata 2.420 suara.

Kemenangan paslon 4 Iyamo disebabkan basis suara berada di tujuh desa / kelurahan yang dimenangkannya, yaitu Loli Oge, Loli Tasiburi, Kabonga Besar, Kabonga Kecil, Gunung Bale, Tanjung Batu dan Boneoge. Paslon 1 Arrahman berada diperingkat kedua, menang di Loli Dondo, Boya, Labuan Bajo dan Maleni. Sementara paslon 3 Sakaya hanya bisa menang di Loli Saluran, Loli Pesua dan Ganti.

Di Kabupaten Donggala, jumlah pemilih yang terdaftar sebanyak 201.719 orang yang tersebar di 167 desa dan 16 kecamatan yang terdiri atas pemilih laki-laki 103. 526 orang dan perempuan 98.193 orang. HID

Dapatkan Info berita terupdate Langsung ke perangkat anda, Berlangganan.

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublish