Sigi Bakal Bangun 100 Unit

RUMAH TRANSMIGRASI

0 114

Dapatkan Info berita terupdate Langsung ke perangkat anda, Berlangganan.

SIGI,MERCUSUAR – Tahun 2019, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) bakal membangun 100 unit rumah transmigrasi.

Rumah transmigrasi itu akan dibangun di dua lokasi, yaitu 50 unit di Bulupountu Desa Sidera, Kecamatan Sigi Biromaru dan 50 unit di Desa Lembantongoa, Kecamatan Palolo.

“Untuk di Bulupountu masyarakat akan memperoleh lahan 0,5 hektar, sedangkan untuk transmigrasi di Desa Lembantongoa, Kecamatan Palolo memperoleh lahan pekarangan (LP) lahan 1 dan lahan II,” ujar Kepala Disnakertrans Sigi, Dr Hj Asnuryati kepada Media ini, Kamis (13/6/2019).

Untuk memperoleh rumah transmigrasi di UPT Bulupountu Desa Sidera, Kecamatan Sigi Biromaru, lanjutnya, harus memenuhi sejumlah persyaratan. Persyaratan tersebut, yakni korban bencana, tidak memiliki rumah dan tidak memiliki pekerjaan tetap.

Sementara untuk rumah transmigarasi di Lembantongoa sebanyak 50 rumah, penerimanya akan dibagi dalam dua kuota, yaitu transmigrasi penduduk setempat (TPS) dan transmigrasi penduduk asal (TPA) atau daerah. Dimana kuota untuk TPS sebanyak 35 unit dan TPA 15 unit.

Bagi masyarakat yang menempati rumah transmigrasi, tambahnya, akan diberikan jaminan hidup (Jadup) dan pembinaan keterampilan. “Untuk kawasan transmigrasi Lembantongoa akan dibangun tujuh unit jembatan dan pembangunan jalan rabat sepanjang empat kilometer,” tutupnya.

Diketahui, tahun 2018 Pemkab Sigi telah membangun 50 unit rumah transmigrasi di UPT Bulupountu Desa Sidera, Kecamatan Sigi Biromaru. Rumah transmigrasi itu diperuntukan bagi masyarakat korban bencana.

Rumah yang saat ini sudah diserahkan dan ditempati masyarakat itu merupakan kerja sama Pemkab Sigi dibawah kepemimpinan Bupati, Moh Irwan lapatta dan Wabup, Paulina melalui Disnakertrans dengan Direktorat Jendral (Dirjend) Penyiapan Kawasan dan Pembangunan Permukiman Transmigrasi Kementerian Desa PDT dan Transmigrasi. AJI

Dapatkan Info berita terupdate Langsung ke perangkat anda, Berlangganan.

Komentar
Loading...