Sigi Dukung Pembangunan SPAM Pasigala

0 43

Dapatkan Info berita terupdate Langsung ke perangkat anda, Berlangganan.

SIGI, MERCUSUAR – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi mendukung dan siap mengawal pembangunan Saluran Penyediaan Air Minum (SPAM) regional Palu, Sigi dan Donggala (PASIGALA). Hal tersebut dikatakan Bupati Sigi, Moh Irwan Lapatta, saat membuka sosialisasi pembangunan SPAM Pasigala, bertempat di Desa Oloboju, Kecamatan Sigi Biromaru, Senin (2/12/2019).

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR), melalui Balai Wilayah Sungai Sulawesi (BWSS) III.

“Untuk mendukung program ini bukan hanya Pemkab Sigi, akan tetapi camat dan kepala desa harus mendukung juga,” jelas Bupati.

Kata bupati, ada mekanisme dan aturan yang memang sudah diatur dalam ketentuan, misalnya batas sungai atau bantaran sungai. Jika SPAM dibangun maka bangunannya  menjadi aset milik negara, bukan milik perseorangan.

Pemerintah kata dia, menjaga agar jangan sampai terjadi hal-hal yang merugikan, dalam hal ini yang dirugikan adalah masyarakat. Dalam rangka proses pembangunan SPAM, seluruh irigasi akan diperbaiki. Hal ini harus sudah menjadi bagian yang akan dikelola.

Kepala Balai Wilayah Sungai Sulawesi (BWSS) III, Feryanto Pawenrusi dalam sambutannya mengatakan, dari sungai Wuno ini akan mendapatkan banyak manfaat untuk orang lain, bukan hanya penduduk disekitar sungai ini, tetapi bermanfaat untuk orang lain.

Untuk Desa Oloboju, Kecamatan Sigi Biromaru, dengan sumber dari Saluki, karena itu cukup jauh yakni 42 kilometer. Tantangannya cukup banyak, sehingga cukup banyak, sehingga memang ada penurunan debit air. Oleh karenanya, dari BWS harus sesuai dengan desain awal akan ditambah 300 liter lagi.

Salah satu sumber yang menjadi rencana kita melalui sungai Wuno dan akan ada penambahan dari Saluki. Dari situ akan dibangun WTP Omu, nanti di sana full pemanfaatan untuk daerah irigasi air baku Sigi, untuk menangani Sigi bagian Timur dan Barat. Kemudian WTP Oloboju nanti akan manfaatkan sebagian desar daerah Sigi, Kota Palu, Kota Palu Bagian Barat. AJI 

Dapatkan Info berita terupdate Langsung ke perangkat anda, Berlangganan.

Komentar
Loading...