Sigi ‘Launching’ Aplikasi SPBE

  • Whatsapp
FOTO HLLL APLIKASI SPBE SIGI
Di Rumah Saja

SIGI, MERCUSUAR – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) me’launching’ aplikasi Sistem Pemerintahan Berbasis Electronik (SPBE) oleh Bupati Sigi, Moh Irwan Lapatta bertepatan HUT RI ke 74 di lapangan sepakbola Desa Kotapulu, Kecamatan Dolo, Sabtu (17/8/2019).

Kepala Dinas Kominfo Sigi, Dr Anas Yalitoba pada wartawan Media ini mengatakan program tersebut menindaklanjuti Perpres Nomor: 95 Tahun 2018, dimana seluruh pemerintah dari pusat sampai daerah harus menyelenggarakan SPBE.

Terkait hal tersebut, pihaknya melakukan sebuah inovasi kebijakan dengan aplikasi nasional tentang pelayanan administrasi perkantoran.

Aplikasi berbasis elektronik itu, sambungnya, mengefisien anggaran penggunaan kertas.

“Jadi kedepan kita akan fokus pada pelayanan perkantoran,” katanya.

Selain itu, implikasinya juga diharapkan dapat membantu program Sigi Hijau, dimana dengan berkurangnya penggunaan sampah-sampah kantor juga bisa meminimalisir pencemaran lingkungan. “Saat ini sampah-sampah kantor luar biasa banyak. Saya kira kalau kita kurangi penggunaan kertas, maka pencemaran lingkungan juga bisa berkurang. Pentingnya akselerasi penerapan SPBE terintegrasi di seluruh instansi pemerintah merupakan keharusan, bukan lagi sekedar pilihan,” ujar Anas.

Jadi, lanjutnya, tujuan penerapan SPBE adalah untuk mempersingkat alur birokrasi yang dianggap menghambat bagi percepatan pelayanan dan menghilangkan kesenjangan antara pemerintah dan masyarakat dalam keterlibatan pembangunan secara umum. “Melalui penerapan SPBE ini, kita akan dapat menyajikan ketersediaan data terkini yang dibutuhkan terutama pada saat pengambilan keputusan strategis pemerintah untuk membangun Kabupaten Sigi,” tutupnya. AJI

Di Rumah Saja

Pos terkait

Di Rumah Saja