Sigi Raih Juara Empat Kategori

  • Whatsapp
FOTO BUDAYA KONTINGEN SIGI
Di Rumah Saja

SIGI, MERCUSUAR – Pada pegelaran Budaya Indonesiana II tahun 2019 yang diselenggarakan sejak 8-11 Oktober 2019 di lokasi eks STQ Leok II Kabupaten Buol, kontingen asal Kabupaten Sigi, berhasil meraih juara pada empat kategori dari 13 kategori yang diperlombakan.

Keempat kategori tersebut, yakni juara II pawai budaya, juara III pameran cagar budaya dan kepurbakalaan, juara II penyaji terbaik, serta juara I penata musik terbaik.

Demikian dikatakan Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Sigi, Munawwarah pada wartawan Media ini melalui WhatsApp, Jumat (11/10/2019) malam.

Menurut Munawarah Budaya Indonesiana II di Buol diikuti tujuh kabupaten/kota, yakni Kota Palu, Kabupaten Buol, Sigi, Tolitoli, Morowali, Touna dan Kabupaten Parigi Moutong. 

“Dalam kegiatan tersebut Sigi menampilkan seni dan pertunjukan yang mengangkat tema ‘Batara Banja’. Pertunjukan ini menceritakan tentang ritual ‘Mosive’ atau pengobatan kampung/diri. Hal ini sesuai dengan tema ‘Gelar Budaya Indonesia di Buol Mongunom Lripu’,” jelasnya.  

Pada keiatan itu, lanjut Munawarah, kontingen Sigi juga menampilkan 30 situs yang ada di Sigi, dan merupakan hasil Delianasi tahun 2018 yang sudah terverifikasi. Situs tersebut didominasi berupa lumpang batu mulai dari ukuran kecil sampai ukuran besar, diantaranya Situs Watukilo, Situs Wangka, Situs Lembosa, Situs Puntana, Situs pekaloa dan masih ada beberapa situs lainnya. AJI

Di Rumah Saja

Pos terkait

Di Rumah Saja