Sigi Raih WTP

0 108

Dapatkan Info berita terupdate Langsung ke perangkat anda, Berlangganan.

SIGI, MERCUSUAR Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sulteng menyatakan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Sigi sudah baik sehingga mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Ini menjadi vatatan positif mengingat selama dua tahun berturut-turut yakni tahun 2016 dan 2017 Pemkab Sigi meraih opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP)

Kepala BPK RI Perwakilan Sulteng, Khabib Zainuri, Senin (4/6/2018) mengatakan opini yang diberikan BPK merupakan pernyataan profesional pemeriksa mengenai “kewajaran” laporan keuangan, meskipun bukan merupakan “jaminan” tidak adanya permasalahan atau kelemahan.

Oleh karena itu, hasil pemeriksaan BPK diharapkan dapat ditindaklanjuti segera oleh masing-masing daerah.  

Sebagai catatan, BPK menjadikan temuan  anggaran  sebesar Rp3,7 miliar lebih di Sigi pada LKPD tahun 2017, persisnya Rp3.799.482.113. Dari jumlah tersebut, anggaran yang sudah dikembalikan Rp1.403.595.898, sehingga masih ada sisa temuan sebesar Rp 2.395.886.214.  

“Hasil temuan tersebut bervariasi meliputi ketekoran kas, belanja barang dan jasa, belanja modal dan belanja pegawai,” jelas Kepala BPK.

Rinciannya, ketekoran kas tersebut terdapat pada bendahara pengeluaran pada tiga OPD sebesar Rp181,46 juta.  Juga terdapat kelebihan pembayaran gaji dan tunjangan kepada PNS sebesar Rp1,36 miliar.  Pertanggungjawaban belanja perjalanan dinas tidak sesuai ketentuan sebesar Rp419,87 juta. Terakhir, menurut BPK, terdapat kekurangan volume pekerjaan pada lima OPD di Sigi sebesar Rp1,37 miliar.  

Bupati Sigi Irwan Lapatta berjanji menindaklanjuti apa yang telah menjadi arahan Kepala BPK tersebut.  Ia membenarkan aset menjadi hambatan utama setiap tahun.   Alhamdulilah target kami untuk meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) tahun 2018 tercapai, mengingat selama dua tahun berturut-turut yakni tahun 2016 dan 2017 Pemkab Sigi meraih Wajar Dengan Pengecualian (WDP),” jelasnya.

Ia pun mengapresiasi BPK Perwakilan Sulteng atas predikat WTP yang telah diberikan kepada Pemkab Sigi.  Ia juga berterima  kasih atas dukungan Sekretaris Kabupaten Sigi atas motivasinya kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam melaksanakan tugas dan menyusun LKPD juga  dukungan DPRD Kabupaten Sigi.

Ketua DPRD Sigi Moh Rizal Intjenae  juga  bangga atas capaian WTP Pemkab Sigi.

Kinerja OPD selama kurang lebih dua bulan membuahkan hasil yang mengembirakan, sehingga kami ucapkan selamat atas kepemimpinan Bupati Sigi Moh Irwan Lapatta dan Wakil Bupati Sigi Paulina yang telah meraih WTP, oleh karena itu, pertahankan prestasi yang telah diperoleh,” katanya. AJI

Dapatkan Info berita terupdate Langsung ke perangkat anda, Berlangganan.

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublish