Sigit Minta Maksimalkan Penyaluran Bantuan KUBE

  • Whatsapp
Sigit Soal bantuan KUBE

BESUSU TIMUR, MERCUSUAR – Tingkatkan ekonomi masyarakat di tengah pandemi Covid-19, Dinas Sosial (Dinsos) Kota Palu maksimalkan program Kelompok Usaha Bersama (KUBE). Penyaluran dana KUBE harus tepat sasaran, dan betul-betul penerima dapat memanfaatkan bantuan tersebut dengan baik.

Pesan ini disampaikan Plt. Wali Kota Palu Sigit Purnomo Said, dalam arahannya di Aula Kantor Kelurahan Besusu Timur di hadapan 5 kelompok penerima KUBE anggaran 2020, yang dilaksanakan Dinsos Kota Palu, Selasa (20/10/2020).

Berita Terkait

Sigit menegaskan, karena program KUBE merupakan Intruksi Presiden RI terkait gerakan terpadu pengentasan kemiskinan yang diberikan kepada kelompok usaha.KUBE merupakan program Kementerian Sosial (Kemensos) yang memiliki fokus pemberdayaan keluarga miskin.

Pilihan Redaksi :  Audiensi Penyintas dan Pemkot Tak Menuai Hasil

“Dengan KUBE ini diharapkan agar keluarga miskin punya kesempatan punya usaha serta mendapatkan pendapatan,”ujar Sigit.

Program KUBE sangat jelas manfaatnya, selain peningkatkan kesejahteraan sosial para kelompok miskin, juga peningkatkan pendapatan keluarga, para pengusaha kecil yang nantinya akan meningkatkan pendidikan serta derajat kesehatan para kelompok usaha.

“Ketika sudah memiliki pendapatan, mereka bisa mandiri dan bansos bisa dialihkan kepada warga miskin lainnya,” tambahnya

Lebih lanjut, dia katakan mekanisme penyaluran dana bantuan KUBE dilakukan hanya untuk KK miskin yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Setelah tervalidasi memiliki kegiatan usaha, sebanyak 5 KK diijadikan satu kelompok untuk memiliki nomor rekening bersama. “KUBE ini merupakan salah satu upaya pengentasan kemiskinan,” jelasnya.

Pilihan Redaksi :  Langgar Protokol Covid-19, Lima Kafe di Denda

Dia mengatakan, bantuan ini nantinya tidak berbentuk uang, tetapi, berupa paket usaha yang disediakan oleh Dinsos Kota Palu berdasarkan usulan kelompok itu. ”Penyerahan nanti berupa peralatan sesuai dengan kebutuhan kelompok. Bantuannya berupa peralatan bengkel, berjualan, peralatan menjahit, dan lain-lain,”ungkapnya. ABS

Baca Juga