Siswa K3M Gunakan Pakaian Nusantara

  • Whatsapp
Sumpah Pemuda

BALAROA, MERCUSUAR – Kelompok Kerja Kepala Madrasah (K3 M) se Kota Palu, menggelar upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91 di Lapangan Upacara Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kota Palu, Kelurahan Balaroa, Senin, 28/10/2019.

Upacara tersebut diikuti oleh Kepala Seksi Pendidikan Islam (Pendis) dan jajaranya, Kelompok Kerja Pengawas (Pokjawas), para Kepala Madrasah (Kamad), guru-guru pada madrasah serta perwakilan siswa-siswi dari tingkat MIN hingga MAN se-Kota Palu.

Para peserta upacara menggunakan pakaian adat nusantara dari berbagai suku, termasuk yang menggunakan pakaian adat Kaili berupa sarung donggala, Siga serta Sampolu. Hadir pula siswa-siswi yang menggunakan pakaian profesi sesuai cita-cita masing-masing, seperti pakaian dokter, tentara dan polisi.

Kepala kantor Kementerian Agama (Kemeng) Kota Palu, Masum Rumi mengatakan bahwa Hari Sumpah Pemuda ke-91 kali ini mengambil tema “bersatu kita maju”. Tema ini diambil untuk menegaskan kembali komitmen yang dibangun oleh pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda, bahwasanya hanya dengan kesatuan kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa.

“Pemuda adalah masa depan bangsa dan Negara, pemuda adalah harapan bagi dunia, pemuda Indonesia harus maju dan berani menaklukan dunia, saya berharap akan banyak muncul tokoh-tokoh muda yang mendunia,”katanya.

Diakhir amanatnya, dia mengajak kepada pemuda Indonesia terus mengelorakan api semangat sumpah pemuda 1928. “Wahai para pemuda Indonesia, dunia menunggumu, berjuanglah, lahirkanlah ide-ide, tekad, dan cita-cita, pengorbanan dan perjuanganmu tidak akan pernah sia-sia dalam mengubah dunia,” tambahnya.

Masum juga berpesan kepada para siswa bahwa jadilah pemuda yang bangga akan prestasi diri sendiri, bukan yang membanggakan prestasi orang tua, saudara maupun kerabat lainnya.

Usai upacara dilaksanakan acara penyerahan hadiah berupa piala dan bonus bagi para juara dalam berbagai ajang pelombaan, diantaranya hafalan Quran, cipta puisi, stand up comedy dan lainya. Acara ini dimeriahkan pula dengan atraksi drumband MAN 1 Palu yang membawakan lagu daerah, serta pembacaan puisi-puisi yang bertemakan semangat kepemudaan. UTM

 

Baca Juga