SMAN 1 Palu Ikuti Lomba Bahasa Jerman Nasional

0 17

Dapatkan Info berita terupdate Langsung ke perangkat anda, Berlangganan.

 BESUSU TENGAH, MERCUSUAR – Salah seorang siswa SMAN 1 Palu bernama Veren Linus Kawengian kelas XI IPA 1 berhasil lolos mengikuti lomba debat Bahasa Jerman pada iven Olimpiade Nasional Bahasa Jerman yang dilaksanakan di Goethe Institut Jakarta pada 28 -29 Januari 2019.

Pada ajang tersebut siswa ini memang belum mampu meraih prestasi yang membanggakan tetapi telah mampu meraih 35 besar dari 56 peserta berasal dari 27 Provinsi di Indonesia. Tentunya prestasi ini tidak luput dari bimbingan oleh guru Pembina Bahasa Jerman SMAN 1 Palu bernama Erna Tristiawati.

“Saya mengaku belum mampu meraih prestasi di tingkat nasional karena mengalami berbagai kendala. Salah satu kendala yang berar yaitu masih banyak bahasa yang belum dimengerti, selain itu persiapan yang kami lakukan juga sangat singkat. Apalagi Bahasa Jerman bertolak belakang dengan jurusan yang saya pilih di sekolah yaitu IPA. Makanya tahun ini hanya bisa mencapai 35 besar,” kata Veren, Senin (11/2/2019).

Sebelumnya siswa itu berhasil meraih peringkat pertama lomba bahasa Jerman tingkat Provinsi Sulteng dari sejumlah sekolah di tingkat SMA di Sulteng. Makanya walaupun belum mampu pihaknya akan berupaya agar kedepannya bisa mengulang prestasi yang sama untuk bisa merubah prestasi yang sebelumnya diraih.

Sementara itu, guru pembina Bahasa Jerman SMAN 1 Palu, Erna Tristiawati mengatakan sudah bersyukur karena siswanya berhasil membawa nama Sulteng ditingkat Nasional. Menurutnya, sekolah tersebut rutin mengikuti lomba Bahasa Jerman di tingkat nasional, hanya saja belum ada yang mampu meraih prestasi yang membanggakan.

“Sebab pada ajang tersebut peringkat empat hingga juara satu secara otomatis mendapatkan beasiswa ke Jerman selama sebulan untuk mengikuti pendidikan,” terangnya.

Pihaknya juga optimis dengan banyaknya pengalaman didapatkan selama mengikuti berbagai lomba Bahasa Jerman akan menjadi pelajaran tersendiri untuk kedepannya bisa mengikuti lomba bahasa jerman. Sekolah juga optimis kedepannya akan mencetak para siswa yang mampu meraih juara pada ajang tersebut. UTM

Dapatkan Info berita terupdate Langsung ke perangkat anda, Berlangganan.

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublish