SMAN 5 Palu Seminar Karya Tulis Ilmiah

  • Whatsapp
Seminar

TONDO, MERCUSUAR – Kepala SMAN 5 Palu, Salim melaksanakan seminar Penelitian Karya Tulis Ilmiah untuk mendapatkan angka kredit kenaikan pangkat jabatan Utama Madya IV/D. Karya tulis ilmiah tersebut dibuat setelah menjabat menjadi Kepala SMAN 5 Palu. 

Selama menjabat menjadi Kepala SMAN 5 Palu pihaknya sudah melakukan berbagai pengamatan untuk percontohan dalam membuat Karya Tulis Ilmiah, sehingga pihaknya mengangkat karya tulis khusus untuk pelajaran sosiologi untuk Kelas XII IPS III. Jadi selama pengamatan para siswa dalam melaksanakan pembelajaran di kelas menemukan berbagai masalah yang harus bisa diselesaikan para guru.

Berita Terkait

“Saya melihat para siswa selama mengikuti pembelajaran di kelas biasanya keluar masuk kelas dengan berbagai alasan, padahal masih ada guru yang mengajar di kelas, makanya dengan persoalan itu saya melakukan investigasi kepada para siswa. Dengan demikan saya melakukan satu tindakan penelitian yang nantinya bisa berguna untuk sekolah maupun para guru,”katanya, Rabu (7/4/2021).

Pihaknya berupaya dengan adanya karya tulis itu nantinya bisa berguna bagi seluruh kepala sekolah, guru maupun lainnya dalam memberikan pendidikan kepada para siswa di kelas. Metode itu juga bisa diterapkan kepada seluruh mata pelajaran yang ada, sehingga nantinya metode itu bisa menjadi pelajaran bagi para siswa kedepannya.

“Intinya penelitian ini kami akan memberikan solusi kepada para guru dan siswa selama melaksanakan pembelajaran di dalam kelas, sebab supervisi merupakan salah satu kewajiban yang dilaksanakan oleh saya sebagai kepala sekolah untuk memberikan solusi kepada seluruh guru yang ada di sekolah yang mengalami berbagai kendala dalam memberikan pendidikan kepada para siswa,” terangnya.

Sebab tugasnya bukan hanya mengontrol tetapi juga memberikan masukan maupun lainnya kepada para guru dan siswa agar bisa menjalankan pendidikan dengan baik, olehnya hasil penelitian tersebut dijadikan sebagai bahan penelitian untuk kelengkapan kenaikan pangkat nantinya.

“Jadi keberuntungan bagi saya sebagai Kepsek menambah angka kredit kenaikan pangkat dalam penelitian tersebut, dan pada kesempatan ini baru bisa dilaksanakan seminar sebagai bukti publikasi, sebagai salah satu syarat dalam memenuhi angka kredit,”tambahnya.

Seminar tersebut dihadiri langsung oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah I, Kordinator pengawas Disdikbud Sulteng, Ketua ASPI Kota Palu dan sejumlah sekolah lainnya yang diundang. UTM

Baca Juga