Smansa Palu dan SSB Dharma Putra U14 Juara Piala Wali Kota

  • Whatsapp
FOTO 1 pIALA wALIKOTA

PALU, MERCUSUAR – Skuad SMA Negeri 1 Palu (Smansa) untuk kedua kalinya tampil sebagai juara di kompetisi Sepakbola U14 –U16 tingkat Kota Palu. Pada partai final yang digelar di lapangan Faqih Rasyid, Minggu (13/6/2021) petang, Putra Ardiansyah dkk menang tipis 2-1 atas SSB Gawalise Tipo U16.  

Smansa Palu membuka angka pertama lewat sepakan keras Bintang Aditya di menit ke-26. Setelah turun minum, Smansa kembali merobek gawang SSB Gawalise Tipo yang dijaga Mohammad Fahreza di menit ke-45. Enam menit jelang bubaran, Gawalise Tipo U16  memperkecil skor menjadi 1-2 lewat sepakan kapten tim Muhammad Devan dari titik pinalti. Ini kemenangan kedua Smansa Palu atas SSB Gawalise Tipo U16 setelah di pertemuan pertama penyisihan grup Adzan Faturazak dkk  juga menang 3-1.  

Berita Terkait

Pilihan Redaksi :  Paralayang Sulteng Fokus Latihan Ketepatan Mendarat

Terkait hasil tersebut, manajer tim Smansa Palu, Budiono menyebut  kemenangan timnya tak diperoleh dengan mudah, meskipun mampu mengontrol permainan.

“Kami apresiasi usaha dan kerja keras  anak-anak termasuk kepada pelatih yang sudah meramu tim ini dari berbagai karakter pemain.  Dan menjadi juara berturut –turut di even ini saya pikir menjadi tidak mudah. Meskipun tanpa sekolah-sekolah dari utara Kota Palu yang juga punya pemain berkualitas , tapi perlu juga digaris bawahi bahwa dengan kehadiran Sekolah Sepakbola di even ini justru level kompetisinya justru meningkat,” ujarnya .

Sementara itu, pelatih Gawalise Tipo U16, Yusup mengakui tampil di laga final menjadi sebuah capaian yang diluar dugaan.   “Saya pikir lolos ke partai puncak sudah menjadi pencapaian yang maksimal walaupun belum bisa mendapatkan juara. Tapi, paling tidak mengalahkan Aditama Bahari di semifinal itu sudah luar biasa dan menurut saya disitulah puncak permainan terbaik anak-anak,” ujar Yusuf.

Pilihan Redaksi :  Bung Cudy Bangun Optimisme Persipal di Liga Indonesia   

Sedangkan di kategori U14, SSB Dharma Putra U14 membuat kejutan dengan menaklukkan favorit juara, SMP Negeri 2 Palu (Spendu).  Laga yang digelar mulai pukul 14.30 wita tersebut seolah sudah menjadi milik Spendu ketika sepakan menyusur tanah Muhammad Fadel  di menit ke-36 yang berbuah gol bertahan hingga di ujung laga. Namun semangat tak kenal menyerah SSB Dharma Putra U14  berbuah hasil saat sepakan bebas kapten tim, Galang Pratama  di injury time memaksa pertandingan harus ditentukan lewat adu sepakan pinalti.

Alhasil, Moh Rafi Febriansyah menjadi penentu kemenangan SSB Dharma Putra ketika sepekannya gagal dihentikan kiper I Made Saputra  dan membuat total skor menjadi 5-3 .  

Pilihan Redaksi :  Ketum PSTI Sulteng Targetkan Takraw Sumbang Emas di PON Papua

“Kalau secara pribadi saya melihat ada progress yang ditampilkan anak-anak di laga final ini yang mulai bisa mengerti  bagaimana bermain bola sesuai  dengan level usia  mereka . Kalau pun  kami yang  juara, ini adalah bonus dari hasil latihan,” ujar pelatih SSB Dharma Putera, Fahmid Taher kepada Merscusuar.

Selain Smansa Palu, SSB Gawalise Tipo U16, SSB Dharma Putera U14 dan Spendu Palu yang mendapat gelar juara 1 dan 2, kompetisi yang berlangsung sejak 8 Juni lalu, menobatkan Moh Risky sebagai  pemain terbaik kategori U16 dan Muhammad Fadel (U14). Gelar pencetak  gol terbanyak diraih Putra Ardiansyah (Smansa Palu ) U16 dan Moh Risail (SSb Dharma Putra U14. CLG 

Ponpes Gratis Kualitas Fantastis

Baca Juga