Smart Farming Hadir di Parmout

  • Whatsapp
HLL

PARMOUT, MERCUSUAR – Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekkab) Parigi Moutong (Parmout), Zulfinasran  mengatakan, di Kabupaten Parigi Moutong (Parmout) akan segera hadir program smart farming, yakni program pertanian melalui sistem modern. Program smart farming tersebut sangat penting dilakukan, guna mengikuti kemajuan teknologi yang ada saat ini.

Hal tersebut diungkapkannya, saat memimpin pertemuan yang membahas solusi untuk pertanian yang cerdas di wilayah Kabupaten Parigi Moutong, bersama Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda) Parmout, Rabu (3/3/2021).   

Berita Terkait

Kata dia, dengan adanya program tersebut, petani akan terbantu dalam hal mengelola pertanian, melalui sistem Smart Farming.

“Kita harus mematangkan program Smart Farming ini, guna mewujudkan petani modern yang cerdas berbasis teknologi,” ujarnya. 

Pihaknya menjelaskan, Pemerintah Kabupaten Parmout memandang program tersebut, merupakan salah satu yang perlu dijalankan ke depannya, agar dapat membantu para petani. Selain itu, program tersebut dapat menjadi solusi  untuk mengatasi persoalan di sektor pertanian di Parmout.

Untuk itu kata dia, pihaknya akan berupaya untuk benar-benar memperhitungkan dan merencanakan program smart farming dengan matang dan terukur, agar dalam pelaksanaannya nanti, bisa berjalan sesuai rencana, serta mendapatkan hasil yang jelas.

Olehnya itu, Zulfinasran mengimbau kepada OPD terkait yang hadir, seperti Bappelitbangda, untuk terus  mematangkan perencanaan program. Untuk  Dinas Tanaman Pangan Holtikutura dan Pertanian, diminta dapat terus melakukan sosialisasi atau melatih petani yang ada di wilayah Parmout.

Sementara untuk Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan, diminta  menyiapkan infrastruktur, dan untuk Dinas PMD diminta mengelola desa dengan program Smart Farming, agar tetap berjalan dengan baik. TIA

Baca Juga