Solusi Penanganan Covid-19, Paslon Hidayat-Bartho Berani Gratiskan Biaya Rapid Test

  • Whatsapp
HIDAYAT-BATRHO

FOTO : PASLON HIDAYAT-BRATHO

 

Berita Terkait

PALU, MERCUSUAR – Pasangan calon Gubernur dan wakil Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng), Hidayat Lamakarate – Bartholomeus Tandigala berani mengratiskan biaya rapid test bagi masyarakat, sebagai salah satu solusi penanganan covid-19 di Sulteng.

“Kita akan memastikan bahwa masyarakat yang kesulitan dan akan melintas masuk ke wilayah sulteng, difasilitasi repid test gratis karena hal itu dimungkinkan bila pemerintah melakukan itu,” kata Hidayat Lamakarate saat menjawab pertanyaan di debat terbuka kandidat Gubernur dan wakil Gubernur Sulteng, Sabtu (31/10/2020).

Hidayat menjelaskan bahwa, berkaitan dengan bencana alam maupun non alam yang terjadi di Sulteng, berdampak cukup besar bagi kondisi sosial maupun ekonomi masyarakat.

Pilihan Redaksi :  Empat Positif Covid-19 Asal Palu Meninggal

Strategi yang akan dilakukan bila dirinya terpilih menjadi Gubernur Sulteng pada Pilkada 2020 kata dia, yaitu melanjutkan apa yang telah dilakukan pemerintah provinsi Sulteng saat ini. Caranya, dengan memastikan mengenai penyebaran covid-19 melaui pendataan, baik penyebaran maupun sumber asal virus.

Selanjutnya kata Hidayat, melakukan langkah antisipasi untuk memastikan mereka yang tertular bisa segera ditangani oleh pemerintah.

“Pola penanganan Covid-19 yang nantinya akan kami lakukan bila kami diberi amanah oleh masyarakat, seperti yang sudah yang dilakukan saat ini,” ujarnya.

Menurutnya, pemerintah secara berjenjang mulai dari pemrinta pusat, provinsi  hinga ke kabupaten, memiliki tanggungjawabnya masing-masing dalam penanganan masalah covid-19.

“memastikan bahwa masyarakat yang terdampak covid-19 akan mendapatkan layanan Kesehatan yang baik, memastikan mereka mendapatkan semua fasilitis yang dibutuhkan sehingga tidak lagi menjadi sebab dan alasan bahwa pemerintah lalai dan lambat,” kata dia.

Pilihan Redaksi :  Empat Positif Covid-19 Asal Palu Meninggal

Hidayat membeberkan bahwa Sulteng saat ini adalah terbaik ke 4 di Indonesia dalam penanganan covid-19, sehingga kedepan akan terus ditingkatkan upaya-upaya yang telah berjalan saat ini dalam mengatasi covis-19.

Lanjut Hidayat, penanganan covid-19  agar tidak terjadi penyebaran yang tidak terkendali, harus dilakukan langkah antisipasi. Misalnya memastikan disetip titik masuk maupun keluar antar kabupaten dan provinsi diperketat, jangan sampai orang tanpa gejala (OTG) dari luar justru membawa masuk virus ke Sulteng.

Sehingga nantinya jika dirinya bersama Bartho terpilih di Pilgub Sulteng, akan mengratiskan rapid test untuk meringankan masyarakat, khsusunya pelaku usaha dalam perjalanan.TIN

Baca Juga