Taruna AAL Menimba Ilmu Mitigasi Bencana di Sulteng

  • Whatsapp
TARUNA
FOTO: Wagub Sulteng, Rusli Dg Palabbi didampingi Pj. Sekdaprov, Moeliono, menerima kunjungan Taruna AAL di ruang kerja Wagub, Senin (23/11/2020). FOTO: MAHBUB/MS

PALU, MERCUSUAR – Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) melalui wakil gubernur, Rusli Dg Palabbi didampingi Pj. Sekdaprov Sulteng, Moeliono, menerima kunjungan puluhan Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) di ruang kerja wagub, Senin (23/11/2020).

Selain sebagai ajang silaturahmi, kunjungan puluhan Taruna AAL yang didampingi Dirambang AAL, Kol. Fery Supriadi dan Kadepim AAL, Kol. Anom, untuk menimba pengalaman, serta menambah ilmu dalam hal mitigasi bencana, dan upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

Berita Terkait

Wagub Sulteng, Rusli saat menjawab pertanyaan dari para taruna mengakui, Provinsi Sulteng, khususnya Palu, Donggala, Sigi, dan Parigi Moutong (Padagimo), dapat segera bangkit pasca dilanda gempa bumi, tsunami dan likuefaksi, atas adanya kerjasama dan bantuan dari semua pihak, termasuk dari TNI.

Pilihan Redaksi :  Kakanwil Kemenag Sulteng Lepas Tim Bantuan ASN Peduli Sulbar

“Alhamdulillah pasca dilanda gempa bumi, tsunami dan likuefaksi, kami menerima bantuan dari berbagai daerah kabupaten dan provinsi,” ujarnya.

Provinsi tersebut lanjut Rusli, di antaranya yang berbatasan langsung dengan Sulteng, sementara daerah yang terjauh misalnya Provinsi Nangroe Aceh Darussalam. Selain itu, beberapa NGO dan lembaga sosial lainnya juga turut ambil bagian membantu.

Lebih lanjut Ia menyampaikan, berkat kerjasama dengan semua pihak terkait, sejumlah fasilitas yang hancur dan beberapa infrastruktur dapat segera dibenahi.

Berkaitan dengan Inpres No 10 Tahun 2018 yang akan segera berakhir tanggal 31 Desember 2020 kata dia, akan dilakukan upaya perpanjangan, mengingat beberapa infrastuktur dan hunian tetap, masih ada yang belum selesai, yang salah satu pemicunya adanya pandemi Covid-19, serta beberapa kendala teknis lainnya.

Pilihan Redaksi :  BNN Palu Gendeng Sekolah Sukseskan Programkan P4GN

Berkaitan dengan pandemi Covid-19, Rusli mengakui Sulteng berada di posisi ke-31 se-Indonesia. Pihaknya juga tak henti – hentinya menyosialisasikan upaya pencegahan penyebaran Covid – 19, dengan menerapkan protokol kesehatan dengan cara 3 M, memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, serta menjaga jarak.

Ia juga memberikan apresiasi kepada para Taruna, khususnya beberapa orang putri, yang memiliki semangat tinggi dan mengabdikan diri untuk negara. BOB

Baca Juga