Terpilih Menjadi Sekolah Aktif Literasi Nasional

  • Whatsapp
SMPN 1 PALU

BESUSU TENGAH, MERCUSUAR – SMPN 1 Palu kembali berhasil meraih prestasi menjadi sekolah aktif literasi tingkat Nasional dalam program gerakan sekolah menulis buku chapter IV, yang diselenggarakan Gerakan Menulis Buku Indonesia.

Tak hanya itu pada ajang tersebut juga Kepala SMPN 1 Palu, Farida Badjo berhasil meraih kepala sekolah berprestasi bidang literasi tingkat nasional. Sebelumnya SMPN 1 Palu diundang langsung mengikuti ajang literasi tingkat nasional yang dilaksanakan di Solo pada ajang Festival Literasi Nasional 2020.

“Kami sangat bangga dengan prestasi yang diraih oleh sekolah yang telah berhasil menjadi sekolah aktif literasi tingkat nasional. Pada ajang ini sekolah juga membuat buku sebagai bahan untuk lomba tersebut dengan adanya buku itu bisa memberikan prestasi kepada sekolah,” katanya, Rabu (18/3/2020).

Ia menambahkan sebelumnya siswa SMPN 1 Palu sebanyak 94 orang dibimbing cara menulis cerita pendek dan puisi secara daring atau online, mereka dibimbing langsung oleh tim gerakan menulis Indonesia. Setelah dibimbing para siswa masuk dalam kategori siswa berprestasi di bidang literasi tingkat nasional dari ribuan peserta mereka masuk 64 besar. Selah itu para siswa ini kembali mengikuti bimbingan dan kembali masuk menjadi tiga besar tingkat nasional.

“Makanya kami diminta untuk berangkat di tingkat nasional mengikuti ajang literasi tingkat nasional di Solo yang mewakili Sulawesi,”terangnya.

Pada ajang tersebut para siswa juga bisa menciptakan satu karya buku yang berjudul Biomarindu. Buku tersebut saat ini sudah diberikan kepada pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Palu.

“Kami juga mengucapkan banyak terimakasi kepada para guru dan siswa terutama para orangtua yang bergabung dalam Komunitas Molibu yang telah mendukung seluruh program sekolah kita dapat ikut berpartisipasi mengikuti ajang tersebut.UTM

 

Baca Juga