Tiga Kunci Sukses Dunia Akhirat

  • Whatsapp
ANAS - Copy

SIGI, MERCUSUAR – Tiga kunci sukses dunia akhirat dalam Islam sesuai ajaran Nabi Muhammad SAW, yaitu ikhtiar, doa, dan tawakal. Ketiga hal ini mesti dikerjakan secara berurutan dan tidak dipisah menjadi bagian sendiri-sendiri.

Demikian dikatakan Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Sigi, Anas Yalitoba, Kamis (28/5/2020). Kata dia, tiga kunci sukses bagi seorang muslim ini, didasarkan pada firman Allah dalam Al Quran Surah Ar-Rad ayat 11, yakni ‘sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri’.

Ayat tersebut kata Anas, menyuarakan pentingnya seseorang berusaha untuk membuat dirinya atau keadaan sekelilingnya lebih baik. Bahkan kata dia, Allah akan menunggu hingga orang tersebut mau berubah, sebelum membukakan jalan ke arah yang positif.

Pertama, seorang muslim kata dia, diwajibkan untuk berikhtiar (berusaha, belajar dan bekerja) jika ingin mendapatkan sesuatu. Kedua, seorang muslim wajib berdoa, salat, dan bersedekah, agar mendapatkan berkah dari Allah.

Ketiga, jika kita sudah berikhtiar dan berdoa, namun hal yang kita harapkan belum juga kita dapatkan, maka kita tawakkal kepada Allah SWT, bahwa itulah yang terbaik dari Allah SWT untuk kita. AJI

Baca Juga