Tim Terpadu Periksa Jajanan di Lima SD

0 20

Dapatkan Info berita terupdate Langsung ke perangkat anda, Berlangganan.

LOLU UTARA, MERCUSUAR- Asisten II bidang Administrasi Perekonomian Setda Kota Palu, Singgih B. Prasetyo, bersama rombongan Tim Terpadu Pengawasan Keamanan Pangan Kota Palu melakukan pemeriksaan pangan atau jajanan ke sejumlah sekolah dasar (SD) di Kota Palu, Senin (7/10/2019).

Adapun sejumlah sekolah yang dikunjungi adalah SD Madani, SDN 27 Palu, SD Inpres 5 Lolu, SD Inpres 6 Lolu, dan SD Inpres 1 Lolu. Para pejabat tersebut antara lain Kabid Konsumsi dan Keamanan Pangan DPKP kota Palu, Kabid Ketersediaan dan Distribusi Pangan DPKP kota Palu, Kabid Pembinaan SMP Disdikbud Palu, Kasi Pemeriksaan BPOM, Kasi Keamanan Pangan DPKP kota Palu, Staf Seksi Keamanan Pangan DPKP Palu, dan Staf bidang Perdagangan Disperindag Kota Palu.

“Untuk hasil uji laboratorium secara keseluruhan pada pengawasan kali ini hasilnya negatif,”ungkap Singgih.

Menurutnya, Pangan Jajanan Anak Sekolah (PJAS) umumnya merupakan jajanan yang ditemukan di lingkungan sekolah dan menjadi konsumsi harian anak sekolah, seperti es sirup aneka warna, cilok, sosis goreng dan sebagainya yang biasa menjadi santapan anak-anak sekolah ketika jam istirahat dan pulang sekolah,  namun, keamanan PJAS ini masih sangat rendah dan masih menjadi permasalahan penting. 

“Keberadaan kantin sekolah sangat penting. Karena dengan begitu pihak sekolah dengan mudah mengontrol makanan yang dijajakan,” katanya.

Selain itu, Ia berharap adanya kerjasama dan dukungan antara penjual jajanan dan pihak sekolah untuk menjamin keamanan pangan jajanan sekolah. Sebagaimana diketahui, kegiatan pengawasan pangan di beberapa sekolah ini akan dilaksanakan kembali dalam waktu yang tidak terlalu lama. ABS

Dapatkan Info berita terupdate Langsung ke perangkat anda, Berlangganan.

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublish